Biaya Transfer ke Luar Negeri: Berapa Sih?

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Kemudahan bertransaksi ke luar negeri memungkinkan semua orang untuk mengirim uang ke luar negeri tanpa harus bingung. Faktanya, hampir setiap bank besar di Indonesia melayani pengiriman uang ke luar negeri atau remitansi bagi seluruh masyarakat, baik nasabah maupun non-nasabah. Hanya saja biaya yang dikenakan berbeda dari masing-masing bank.

Setiap bank pastinya akan mengenakan biaya remitansi sebagai salah satu syarat pengiriman uang ke luar negeri. Jadi, sebelum mengirim uang ke luar negeri lewat bank, kamu harus tahu dulu nih mengenai biaya transfer dari berbagai macam bank.

Mengetahui tentang biaya transfer dari berbagai macam bank sangatlah penting karena kamu jadi bisa membandingkan dan memilih opsi yang paling cocok buat kamu. Berapa sih biaya transfer ke luar negeri yang dikenakan oleh bank-bank di Indonesia? Yuk, simak artikel OY! Indonesia berikut ini!

Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri

Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, biaya transfer ke luar negeri atau biaya remitansi setiap bank berbeda. Biaya transfer yang dikenakan ini pun telah disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

Berikut rincian masing-masing biaya transfer beberapa bank di Indonesia yang melayani pengiriman uang ke luar negeri. Perlu jadi catatan nih bagi kalian yang ingin atau berencana untuk mengirim uang ke luar negeri!

1. Remittance BCA

Bank pertama yang akan kita bahas adalah Bank BCA. BCA menyediakan fitur remitansi atau pengiriman uang ke luar negeri yang bernama Remittance BCA.

Remittance BCA terdiri dari Outward Remittance (pengiriman valas) dan Inward Remittance (penerimaan valas) dengan jangkauan dalam dan luar negeri. Berdasarkan situs web resmi BCA, biaya remitansi yang dikenakan adalah Rp50.000 (Biaya Telex) + $20 (Biaya Full Amount) per transaksi. Transaksi ke luar negeri hanya bisa dilakukan di kantor cabang BCA.

2. Internet Banking CIMB Niaga: CIMB Clicks

Selanjutnya, bank yang melayani remitansi adalah Bank CIMB Niaga. Dengan menggunakan internet banking milik CIMB Niaga, yakni CIMB Clicks, kamu bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan mudah.

Meskipun dilakukan online, ada pembatasan waktu yang berlaku saat transaksi. Transaksi internasional hanya bisa dilakukan antara jam 06:00 WIB – 23:00 WIB.

Biaya pengiriman uang ke luar negeri lewat CIMB Clicks adalah $25 per transaksi. Jika dikonversikan menjadi Rupiah dengan asumsi kurs sebesar Rp14.000, biaya yang dikenakan menjadi Rp350.000 per transfer valas.

3. Mandiri Remittance

Layanan remitansi yang disediakan oleh Bank Mandiri bisa dilakukan lewat fitur Mandiri Remittance. Pengirim uang bisa perorangan atau badan usaha.

Biaya untuk kiriman uang yang diterima full amount lewat Mandiri Remittance ada dua berdasarkan jenis valas yang akan dikirim. Untuk pengiriman USD ($), biaya yang dikenakan adalah $25, sedangkan pengiriman valas selain USD akan dikenakan biaya sebesar $30.

4. Citibank

Bank terakhir yang akan kita bahas adalah Citibank. Citibank merupakan bank asing yang mempunyai network yang luas. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan transfer ke luar negeri melalui bank ini.

Biaya yang akan dikenakan untuk pengiriman uang ke luar negeri lewat Citibank lebih mahal jika dibandingkan dengan bank lainnya. Kamu harus bayar $35 setiap melakukan transaksi internasional. Cukup mahal, kan?

Untuk memperjelas ulasan di atas, berikut ringkasannya.

Ringkasan Biaya Transfer ke Luar Negeri Lewat Bank

Nah, itulah rincian biaya transfer ke luar negeri lewat beberapa bank di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi saat hendak kirim uang ke luar negeri ya!

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu merasa bahwa biaya transfer ke luar negeri mahal? Jangan khawatir, kami punya solusi nih buat kamu yang mau hemat dan praktis saat ingin kirim uang ke luar negeri!

Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat OY! Indonesia

Transfer Uang ke Luar Negeri

OY! Indonesia menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri dengan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Salah satu keuntungannya adalah biaya transfer yang jauh lebih murah daripada biaya yang dikenakan di bank pada umumnya.

Mulai dari kirim uang ke negara-negara terdekat hingga negara jauh di Eropa seperti Perancis, Belanda dan Inggris, semua bisa dilakukan lewat OY! Indonesia. Biaya kirim uang ke luar negeri yang harus kamu keluarkan pun dijamin nggak mahal kok.

Selain itu, transaksi internasional lewat OY! Indonesia tentunya aman dan akan menjamin keamanan data transaksi kamu. OY! sudah terdaftar di Bank Indonesia sehingga nggak perlu diragukan lagi keamanan transaksinya!

Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat OY! Indonesia

Hanya dengan menggunakan smartphone kamu, kamu bisa kirim uang ke luar negeri dengan cara yang mudah tanpa harus ke bank. Uang yang dikirimkan ke luar negeri lewat OY! akan sampai dan diterima dengan selamat oleh rekening penerima. Waktu pengirimannya cepat banget loh dan bisa sampai di hari yang sama!

Yuk, download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023