Banking from Home dengan Aman, Ini Tipsnya!

Mutia
|
May 3, 2021

Pandemi yang saat ini terjadi pastinya merubah banyak sekali kegiatan masyarakat setiap harinya, termasuk kegiatan keuangan yang harus bisa dilakukan dari rumah. Mulai dari bayar berbagai tagihan, top up berbagai e-wallet, belanja online, beli voucher game online, dan masih banyak lagi.

Walau kegiatan tersebut sudah bisa dilakukan secara online sejak sebelum pandemi, namun banyak orang masih memilih untuk melakukannya secara offline. Namun, dengan pandemi yang sedang terjadi saat ini, masyarakat diharapkan untuk bisa mengganti cara mereka melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. 

Belanja online menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Kemudahan dan keamanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan meningkatkan minat masyarakat dalam belanja secara online. 

Untuk membayar tagihan belanjaan online pastinya juga sebaiknya dilakukan secara online. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mobile banking untuk membayarnya. Mobile banking merupakan sistem perbankan dengan menggunakan perangkat elektronik yang memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan. 

Dalam menggunakan mobile banking, nasabah harus memperhatikan beberapa hal agar transaksi bisa dilakukan dengan aman. Berikut adalah tips agar kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan aman menggunakan mobile banking.

Jaga Kerahasiaan Data

mobile banking aman

Tips pertama agar transaksimu aman adalah untuk menjaga kerahasiaan data dengan berbagai cara. Hindari mengisi informasi pribadi dalam e-mail atau situs yang bukan merupakan situs resmi atau mencurigakan. Sebab, situs yang mencurigakan dapat mengandung malware dan bisa mencuri data pribadi nasabah. 

Selain itu, usahakan untuk menggunakan username dan password yang sulit ditebak oleh orang lain. Kamu juga bisa mengganti password atau nomor PIN secara berkala agar terhindar dari pencurian data oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. 

Pakai Jaringan Pribadi

Untuk menghindari pencurian data, sebaiknya hindari untuk menggunakan WiFi umum yang bisa digunakan oleh banyak orang saat sedang menggunakan mobile banking. Saat akan melakukan transaksi dengan mobile banking, sebaiknya kamu menggunakan jaringan internet pribadi untuk mengantisipasi pencurian data. 

Laporkan Transaksi yang Mencurigakan

mobile banking aman

Saat kamu menemukan transaksi yang nggak kamu lakukan, segera laporkan ke bank agar rekeningmu bisa diblokir secepatnya. Memblokir rekening dilakukan untuk mencegah pembobolan yang dilakukan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. 

Logout Setelah Pemakaian

Saat kamu sudah selesai menggunakan aplikasi mobile banking, pastikan kamu telah logout atau keluar dari aplikasi tersebut. Hal ini bisa mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, termasuk pembobolan dan pencurian data. Nah, itu dia tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat transaksi keuanganmu lebih aman saat menggunakan mobile banking.

Untuk kamu yang ingin melakukan transaksi keuangan dari rumah alias banking from home, gunakan OY! Indonesia. Yuk, download OY! sekarang! 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023