Transaksi Bebas Hambatan dengan API Disbursement

Shafira
|
May 3, 2021

Dalam dunia bisnis, kegiatan pembayaran merupakan komponen penting untuk keberlangsungan bisnis. Pembayaran merupakan suatu proses memindahkan dana dari satu pihak menuju pihak lainnya. Metode pembayaran pun terbagi menjadi dua, yakni tunai (manual) dan non-tunai (elektronik).

Melakukan pembayaran secara manual dapat memakan waktu dan membuat Anda menjadi kewalahan. Kini, OY! Bisnis hadir dengan inovasi perbankan baru bernama API Disbursement yang akan memudahkan segala macam transaksi yang dilakukan.

Dengan melakukan integrasi sistem pembayaran Anda dengan API kami, transfer dana dan transaksi pembayaran dapat dilakukan secara cepat otomatis. Waktu Anda yang berharga tidak akan terbuang sia-sia. Layanan ini akan sangat sempurna bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Mari berkenalan sejenak dengan layanan terbaru dari OY! Bisnis

Apa itu API Disbursement?

Transaksi Bebas Hambatan dengan API Disbursement

Application Programming Interface atau API merupakan komponen penting dalam suatu transaksi. Dengan API, informasi transaksi dapat diteruskan kepada penyedia layanan perbankan untuk dieksekusi.

Kini OY! mengintegrasikan sistem API ke dalam layanan pembayaran untuk berskala besar dan demi kenyamanan dan kelancaran transaksi Anda. API Disbursement memungkinkan Anda untuk menginstruksikan OY! untuk mencairkan dana ke rekening bank mana pun di Indonesia dengan mudah dan secara real time.

Layanan API Disbursement dari OY! Bisnis akan membuat sistem transaksi terintegrasi dengan sistem bisnis milik Anda. Integrasi yang dilakukan sangat mudah dan cepat sehingga tidak menyita waktu Anda. Integrasi API ini memungkinkan Anda untuk menghindari kesalahan dalam input data agar dapat mencegah terjadinya human error.

Keunggulan API Disbursement

Layanan ini memiliki ragam keunggulan yang dapat Anda nikmati. Sistem kami dirancang untuk memudahkan segala permasalahan transaksi perbankan Anda. Hanya dengan satu akun OY! Bisnis, Anda dapat merasakan kenyamanan dalam bertransaksi di OY! Bisnis.

1. Fleksibilitas

Manfaat API Disbursement bagi mitra yang mengintegrasikan layanan ini dalam sistem mereka adalah fleksibilitas layanan dalam melakukan transaksi. Layanan ini juga tersedia 24/7, sehingga Anda dapat melakukan transaksi kapan saja.

2. Transfer secara real time

Sistem kami memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dana secara real time. Sekali sistem bisnis milik Anda terhubung dengan API milik kami, transaksi akan terlaksanakan secara otomatis. Anda cukup memonitor prosesnya dari balik layar.

3. Jangkauan pembayaran yang luas

Jangkauan transaksi yang dimiliki OY! mencakup hingga ke 100+ bank dan berbagai e-wallet di Indonesia. Anda dapat melakukan transfer dana sekaligus menuju berbagai macam tujuan bank atau e-wallet seperti GO-PAY, OVO, Link Aja, dan Dana. Daftar bank yang sudah terhubung dengan OY! Bisnis dapat dilihat di dashboard API milik Anda.

4. Hemat biaya transaksi

Bila pada umumnya biaya transfer antar bank mencapai Rp6.500, OY! Indonesia rate biaya transfer yang lebih murah. Kami mematok biaya transfer antar bank dengan jumlah Rp4.000 serta biaya transfer e-wallet hanya berjumlah Rp2.000. Tanpa biaya tambahan untuk integrasi, biaya transparan dan dapat dilihat di dashboard Anda.

5. Keberhasilan Transaksi 99.99%

Anda tidak perlu khawatir transaksi gagal. Sistem API kami akan memudahkan Anda untuk melihat status proses pengiriman uang, sehingga Anda dapat memantau  jalannya pengiriman uang.

Fitur API Disbursement

Transaksi Bebas Hambatan dengan API Disbursement

OY! Bisnis telah merancang beberapa fitur untuk kemudahan Anda dalam bertransaksi. Berikut beberapa fitur yang Anda dapat rasakan dari layanan kami.

1. Portal Khusus

Anda dapat mengunduh laporan transaksi melalui OY! Bisnis Portal dalam bentuk file CSV atau PDF. Status transaksi keberhasilan transaksi juga dapat dipantau secara real-time melalui OY! Portal.

2. User Notification

Untuk setiap transaksi yang berhasil, Anda akan menerima email pemberitahuan dari OY!

3. Overbooking

Anda dapat menggunakan rekening pribadi/perusahaan sebagai sumber dana untuk melakukan transaksi. Anda hanya perlu melakukan top up saldo sesuai biaya admin yang dibutuhkan.

4. Overdraft

Jika Anda tidak sempat melakukan top up, Anda tidak perlu panik. Kami telah bekerjasama dengan mitra pemberi pinjaman yang dapat memberikan pinjaman kepada Anda untuk melakukan transaksi.

Kegunaan API Disbursement

Anda dapat menggunakan layanan ini untuk berbagai macam transaksi seperti pembayaran vendor logistik, distribusi dana investasi ke Bank Kustodian, distribusi dana investasi emas, pembayaran multifinance, distribusi biaya operasional karyawan, serta top up e-wallet.

1. Pembayaran Shipper dan Transporter

Penyedia jasa logistik seperti shipper dan transporter kerap mengalami masalah internal dimana proses pembayaran cukup menyita waktu. Dengan API Disbursement, pembayaran yang cepat dapat memberikan kemudahan untuk menyelesaikan settlement pembayaran yang terjadi dalam bisnis Anda dengan vendor logistik, ataupun settlement pembayaran antar sesama vendor logistik.

2. Pendistribusian Dana Investasi ke Bank Kustodian

Kini, pendistribusian dana investasi milik Anda dapat dilakukan melalui API Disbursement. Anda dapat melakukan disburse dari platform reksadana yang Anda gunakan.

3. Pendistribusian Dana Investasi Emas

Anda dapat melakukan pendistribusian dana investasi emas dengan menggunakan API Disbursement.

4. Pembayaran Multifinance

Perusahaan multifinance selaku badan pembiayaan untuk pengadaan barang (kendaraan, alat elektronik, alat berat) dan jasa memiliki peran penting dalam kegiatan bisnis. Pelunasan angsuran multifinance dapat Anda lakukan dengan menggunakan API Disbursement.

5. Pendistribusian Biaya Operasional Karyawan Lapangan

Sistem payroll manual akan memakan waktu lama dan banyak potensi terjadinya kesalahan input data. Ketika kesalahan terjadi, proses pembayaran biaya operasional karyawan akan tersendat. Anda dapat memanfaatkan layanan ini sebagai pengganti sistem payroll manual. Cukup dengan integrasi sistem bisnis Anda dengan API milik OY! pembayaran biaya operasional karyawan akan otomatis terlaksanakan.

6. Top Up E-wallet

Bila Anda harus melakukan refund untuk barang yang sold out, Anda dapat melakukan pengembalian uang dengan API Disbursement. Mengapa disebut dengan top up? Karena uang hanya akan dapat dikembalikan melalui nomor e-wallet user.

Alur Kerja API Disbursement

Layanan ini telah dirancang untuk memiliki alur kerja yang cepat, sehingga Anda perlu memahami bagaimana alur layanan tersebut dimulai. Di bawah ini adalah rangkaian prosedur API Disbursement.

1. Lakukan Integrasi Antar Sistem

Anda perlu mengintegrasikan sistem bisnis milik Anda dengan sistem API milik OY!

2. Periksa Saldo Anda

Saldo Anda dapat diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

3. Laksanakan PembayaranProses pembayaran akan terlaksanakan secara otomatis.

4. Monitor Proses Transaksi

Anda dapat memonitor jalannya proses transaksi dengan memeriksa status transaksi melalui dashboard.

5. Terima Notifikasi Pembayaran

Apabila transaksi sudah selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa semua pembayaran sukses melalui callback.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan transaksi berskala besar. Layanan API Disbursement dari OY! Bisnis menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi segala kebutuhan finansial Anda. Tanpa takut transaksi gagal, Anda dapat melakukan transaksi berskala besar dengan tujuan ke mana saja dengan praktis. Cukup satu platform, Anda akan mendapat kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Daftar sekarang agar OY! Bisnis hadir di jemari Anda.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023