Apakah Franchise Tergolong Usaha UMKM?

Atia Tobing
|
January 3, 2022

Apakah Franchise Tergolong Usaha UMKM? - Pernah mendengar istilah franchise? Franchise merupakan salah satu cara termudah dan tercepat dalam membangun suatu bisnis, loh. Jadi, jenis bisnis ini cocok untuk para pemula yang berminat untuk terjun di dunia bisnis.

Jika kamu berencana untuk memiliki suatu usaha, mulailah dengan membangun bisnis kecil secara perlahan dan konsisten. Contoh bisnis kecil ini adalah usaha UMKM.

Seperti halnya dengan franchise, UMKM juga merupakan usaha yang pas untuk kamu yang ingin memulai suatu bisnis. Apakah bisnis franchise bisa dibilang tergolong usaha UMKM? 

Ketahui lebih lanjut tentang bisnis franchise serta kaitannya dengan usaha UMKM pada artikel OY! di bawah ini, ya!

Apa itu Franchise?

usaha umkm

Sebenarnya franchise itu apa sih? Tenang, penjelasannya ada pada ulasan di bawah ini!

Pada dasarnya, franchise adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda, namun memiliki nama brand atau merek yang sama. Dengan adanya franchise, suatu brand akan terus berkembang dan tersebar dimana-mana, bahkan hingga ke mancanegara (go international).

Berdasarkan Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise adalah sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Di Indonesia, jenis bisnis sangat bervariasi, mulai dari bisnis kecil seperti usaha UMKM hingga bisnis besar seperti korporasi. Nah, suatu usaha dapat disebut sebagai franchise apabila memenuhi beberapa kriteria. Berikut kriterianya:


  • Memiliki ciri khas usaha;
  • Terbukti sudah memberikan keuntungan;
  • Memiliki standar atas pelayanan dan barang atau jasa; 
  • Mudah diajarkan dan diaplikasikan;
  • Adanya dukungan yang berkesinambungan; 
  • Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang telah terdaftar.


Setelah mengetahui tentang franchise, alangkah baiknya kamu juga memahami tentang sistemnya. Bagaimana sistem bisnis franchise?

Bagaimana Sistem Bisnis Franchise?

usaha umkm

Seperti yang telah diterangkan di atas, franchise atau waralaba adalah salah satu alternatif termudah dan tercepat dalam memulai suatu bisnis. Franchise juga memudahkan kamu dalam melakukan pengelolaan bisnis karena pemiliknya diwajibkan untuk menerapkan standar atau pedoman yang telah ditentukan.  Jadi, pemilik waralaba hanya “terima beres” bisnis yang akan dijalankan.

Jika kamu memutuskan untuk membeli hak kepemilikan suatu brand atau perusahaan agar dapat membuka sebuah waralaba, kamu otomatis akan membeli hak dari sistem bisnis tersebut, seperti sistem harga, produk, teknik pemasaran, resep, dan lain sebagainya. Artinya, kamu juga akan mendapatkan akses penuh terhadap berbagai materi milik perusahaan tersebut, misalnya logo dan slogan perusahaan.

Untuk memulai sebuah bisnis franchise, kamu hanya perlu membeli suatu franchise dari brand yang terkenal dan digemari oleh masyarakat, bisnismu dijamin akan terus berkembang. Sebagai contoh, jenis franchise yang cukup menjanjikan adalah franchise makanan siap saji (fast food) dari brand yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Menjalankan suatu bisnis franchise tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, terutama biaya yang akan dikeluarkan. Jangan asal beli franchise tanpa berpikir secara matang, ya!

Selanjutnya, mari kita bahas tentang keterkaitan franchise dengan usaha UMKM. Apakah bisnis franchise tergolong usaha UMKM? Telusuri lebih dalam pada ulasan berikut ini!

Apakah Franchise Tergolong Usaha UMKM?

usaha umkm

Kini, pertumbuhan bisnis franchise yang berasal dari perusahaan ternama menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di Indonesia. Tak hanya itu, produk-produk dari usaha UMKM lokal ternyata juga bisa menggunakan sistem franchise, loh! Hal ini dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha UMKM di tanah air.

Sektor usaha UMKM yang masih berpeluang besar untuk menjadi waralaba adalah usaha produk olahan dan kuliner. Untuk meningkatkan usaha, pelaku usaha UMKM bisa mengembangkan jaringan usahanya dengan membuka bisnis waralaba atau franchise

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, franchise tergolong usaha UMKM apabila franchise tersebut memasarkan dan menjual produk-produk yang disediakan oleh usaha UMKM. Sudah jelas, kan?

Sekian penjelasan tentang bisnis franchise yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu tentang jenis bisnis ini!

Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu harus mencari strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Salah satu caranya adalah meningkatkan performa pembayaran usaha UMKM untuk menggaet banyak pelanggan. Bagaimana caranya?

Tak perlu bingung, kamu hanya perlu melakukan satu hal saja kok. Gabung saja di OY! Bisnis!

Tingkatkan Performa Pembayaran Usaha UMKM dengan Bergabung di OY! Bisnis

usaha umkm

OY! Bisnis adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melancarkan proses pembayaran usaha UMKM. Melalui produk OY! Disbursement, kamu dapat mengirim dan melakukan pembayaran dalam jumlah banyak sekaligus secara real time dan terjadwal.

OY! Disbursement juga akan memudahkan kamu dalam melakukan rekonsiliasi data. Seluruh transaksi akan terekam secara otomatis di dashboard OY! Bisnis. Contoh, jika kamu memiliki banyak vendor atau karyawan yang harus dibayar tepat waktu atau perlu melakukan refund ke beberapa pelanggan secara cepat, OY! Disbursement adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, OY! Bisnis juga memfasilitasi pelaku usaha UMKM dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan oleh pelanggan. Mulai dari transfer bank, virtual account, e-Wallet, QRIS, hingga gerai ritel. Secara tidak langsung, cara ini sangat efektif dalam meraih pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan bisnis!

Bagi kamu yang ingin menggali informasi lebih lanjut mengenai usaha UMKM di Indonesia dan ingin mengetahui bagaimana cara OY! Indonesia membantu mengembangkan UMKM, cari tahu informasinya di sini


Tertarik menggunakan OY! Disbursement untuk meningkatkan performa pembayaran usaha UMKM kamu? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan melakukan transaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023