5 Jenis Usaha yang Populer di Kalangan Anak Muda

Atia Tobing
|
October 11, 2021

Menjadi pengusaha kini telah menjadi salah satu impian masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. Faktanya, tidak sedikit jumlah anak muda yang memilih untuk berkarier di dunia bisnis. 

Salah satu alasan mengapa generasi muda mulai tertarik untuk menjadi seorang pengusaha adalah karena banyaknya anak muda yang sukses dan berhasil mendapatkan keuntungan besar dari bisnis mereka. Umumnya, hal ini disebabkan oleh sifat anak muda yang mampu beradaptasi terhadap perubahan dan berinovasi dengan mengikuti segala tren bisnis.

Generasi muda dikenal dengan inovasi dan kreativitasnya dalam berbisnis. Oleh karena itu, OY! akan membahas 5 jenis usaha yang populer di kalangan anak muda. Telusuri lebih lanjut pada artikel berikut ini!

Anak Muda Zaman Now: Inovatif dan Kreatif

Anak Muda Zaman Now Pengusaha

Di era yang serba cepat seperti sekarang, perubahan kerap terjadi dalam kurun waktu yang singkat sehingga perlu menumbuhkan sifat yang adaptif dan inovatif. Kedua sifat tersebut umumnya dimiliki oleh anak muda zaman now.

Tidak bisa dimungkiri bahwa generasi muda, khususnya generasi milenial, merupakan generasi yang memiliki kemampuan dalam berinovasi dan beradaptasi terhadap segala perubahan. Selain itu, anak muda cenderung up-to-date dan lebih tanggap ketika ada perubahan yang terjadi.

Salah satu profesi yang menjanjikan untuk para anak muda adalah pengusaha. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Masih Muda Jadi Pengusaha, Siapa Takut?

Pengusaha Muda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak anak muda yang berhasil meraih kesuksesan dari bisnis yang mereka jalani. Alhasil, banyak anak muda di Indonesia yang terinspirasi dan memilih untuk menjadi seorang pengusaha. 

Walaupun penuh dengan tantangan dan risiko, setiap anak muda yang ingin terjun dalam dunia bisnis tidak perlu takut. Langkah pertama dalam memulai suatu bisnis adalah memiliki rasa percaya diri atau yakin dengan rencana bisnis yang akan dijalani. 

Setelah menumbuhkan rasa percaya diri dalam menjalankan suatu bisnis, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis bisnis yang ingin ditekuni. Sebagai referensi, Anda bisa melirik beberapa jenis usaha yang populer di kalangan anak muda.

Jenis-Jenis Usaha yang Populer di Kalangan Anak Muda

Saat Anda ingin pilih jenis usaha, pastikan untuk memilih jenis usaha yang digemari oleh para anak muda karena mayoritas bisnis yang sukses umumnya mengikuti tren bisnis kekinian. Berikut beberapa jenis usaha yang populer di kalangan anak muda.

Online Shop

Jenis Usaha yang Populer di Kalangan Anak Muda


Kehadiran internet telah membuka banyak peluang baru dalam berbisnis. Salah satu peluang tersebut adalah membuka toko online atau online shop

Bisnis online shop kini merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan, khususnya bagi kalangan anak muda yang biasanya mempunyai berbagai ide yang inovatif dan kreatif. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk sewa gedung dan gaji pegawai, kegiatan bisnis online shop dapat berlangsung dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang melampaui ekspektasi Anda.

Kedai Kopi

Jenis Usaha yang Populer di Kalangan Anak Muda


Kedai kopi atau coffee shop telah menjadi sasaran anak-anak muda untuk berkumpul bersama teman-teman. Untuk itu, membuka kedai kopi merupakan salah satu jenis usaha yang tepat bagi Anda yang ingin memulai suatu usaha. 

Jika Anda memutuskan untuk membangun bisnis kedai kopi, sediakan fasilitas Wi-Fi gratis agar dapat membuat para anak muda dan pelanggan lainnya semakin betah dan kian berkunjung di kedai kopi Anda. Selain itu, menu makanan dan minuman yang kreatif dan unik juga dapat menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Makanan dan Minuman Kekinian

Jenis Usaha yang Populer di Kalangan Anak Muda


Berbicara tentang kuliner anak muda, mayoritas anak muda umumnya mengikuti segala tren yang ada. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap makanan dan minuman kekinian yang sedang viral di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa berinovasi dengan menciptakan makanan atau minuman yang memiliki keunikan tersendiri. Jenis makanan dan minuman yang belum pernah dijual oleh pengusaha lain dapat menjadi nilai tambah dalam bisnis Anda.

Blogging

Blogging


Apakah Anda suka menulis? Jika betul demikian, Anda dapat membangun bisnis blogging, mengingat maraknya permintaan penulisan blog oleh berbagai perusahaan. 

Faktanya, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan freelance writer atau blogger untuk memenuhi konten pemasaran mereka. Hanya dengan jaringan internet, laptop, serta kemampuan menulis yang baik, Anda bisa menghasilkan uang dari bisnis blogging di beberapa perusahaan.

Pelatihan atau Kelas Online

Pelatihan atau Kelas Online


Pandemi COVID-19 menyebabkan hampir seluruh aktivitas terlaksana secara online, tak terkecuali pelatihan atau kelas online. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil peluang tersebut dan membangun bisnis pelatihan atau kelas online.

Saat ini, pelatihan atau kelas online seperti webinar merupakan tren bisnis yang kian populer di kalangan anak muda. Webinar ini dapat berupa pelatihan online mengenai cara berbisnis, metode marketing, dan lain sebagainya. 

Apabila Anda tertarik untuk membuat usaha pelatihan atau kelas online, Anda harus menentukan jenis pelatihan apa yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi Anda. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis webinar apa saja yang diminati oleh masyarakat, terutama anak muda.

Itulah beberapa jenis usaha yang populer di kalangan anak muda. Kami harap penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai karier sebagai seorang pengusaha.

Suatu bisnis pastinya tidak lepas dari transaksi dengan para pelanggan. Jadi, salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat memulai suatu bisnis adalah metode pembayaran yang akan digunakan.

Anda tentunya ingin menerapkan metode pembayaran terbaik dalam bisnis Anda, bukan? Tanpa harus bingung, gabung di OY! Bisnis saja!

Aplikasikan Metode Pembayaran Terbaik dalam Bisnis Anda dengan Bergabung di OY! Bisnis

OY! Bisnis merupakan penyedia layanan keuangan yang bertujuan untuk membantu para pengusaha dalam meningkatkan performa bisnis mereka. Sebagai sistem pembayaran terbaik di Indonesia, OY! Bisnis akan memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi dengan pelanggan.

Begitu pun sebaliknya, pelanggan Anda juga akan dimudahkan saat hendak melakukan transaksi dengan Anda. Jika bisnis Anda tergabung di OY! Bisnis, proses transaksi bisnis Anda dijamin cepat, aman, dan nyaman.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk menerapkan metode pembayaran terbaik serta meningkatkan payment experience pelanggan Anda!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023