5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pembayaran Bisnis

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Jika berbicara mengenai bisnis, pastinya bukanlah hal yang mudah untuk mengelola suatu bisnis. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari penyusunan strategi pemasarannya hingga sistem pembayaran dari bisnis itu sendiri.

Belum lagi jika permintaan atas produk atau jasa meningkat, proses bisnis tentu akan menjadi lebih kompleks. Berbagai hal termasuk pembayaran bisnis jadi sulit dikelola.

Tentunya dalam suatu bisnis harus ada strategi pembayaran bisnis yang baik, misalnya memerhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan pembayaran. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pembayaran bisnis? Simak terus artikel ini! 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pembayaran Bisnis

Agar pembayaran bisnis Anda berjalan efektif dan efisien, Anda tentunya harus mempertimbangkan banyak hal sebelum bertindak. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pembayaran bisnis.

1. Buat Purchase Order Sebelum Pembayaran Bisnis

Buat Purchase Order Sebelum Pembayaran Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan membuat purchase order. Purchase order (PO) adalah dokumen yang dibuat oleh pembeli untuk menunjukkan bahan baku atau apa pun yang ingin mereka beli dari pihak penjual (supplier atau vendor). 

Purchase order juga merupakan sebuah kontrak yang membentuk kesepakatan antara pembeli dan penjual mengenai barang yang ingin dibeli oleh pihak pembeli. Berbeda dengan invoice yang dibuat oleh penjual dan dikirim ke pembeli, purchase order (PO) berasal dari pembeli dan dikirim ke penjual.

2. Pilih Supplier atau Vendor yang Tepat

Pilih Supplier atau Vendor yang Tepat untuk Bisnis Anda

Salah satu kesalahan dalam purchase order umumnya berkaitan dengan supplier atau vendor. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis, sebuah bisnis tentu memiliki supplier atau vendor yang mampu menguntungkan bisnis Anda. 

Namun, terkadang supplier atau vendor juga dapat menghambat bisnis Anda. Contohnya, mereka bisa saja mengurangi jumlah permintaan Anda pada purchase order secara disengaja untuk memperoleh keuntungan. Jika demikian, proses produksi pun dapat terhambat. 

Jadi, pilihlah supplier atau vendor yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan untuk teliti dan tidak terburu-buru dalam memilih supplier atau vendor yang tepat.

3. Perhatikan dengan Teliti Harga yang Ditawarkan

Perhatikan dengan Teliti Harga yang Ditawarkan

Umumnya, pebisnis akan berpikir bahwa harga pesanan pada purchase order sudah tetap dan tidak boleh ditawar. Faktanya, jika Anda bekerja sama dengan supplier tertentu, Anda dapat melakukan penawaran harga terlebih dahulu. 

Anda bisa meyakinkan mereka bahwa Anda akan memesan ulang atau menjadi pelanggan mereka jika harganya cocok . Dengan begitu, secara tidak langsung Anda mampu menghemat biaya sehingga keuntungan yang diperoleh otomatis akan bertambah.

4. Terima Nasihat dari Supplier atau Vendor

Terima Nasihat dari Supplier atau Vendor Anda

Supplier atau vendor merupakan pihak yang paling memahami produk yang mereka jual. Dengan pengetahuan yang banyak, mereka dapat memberi saran untuk Anda dalam menggunakan atau memilih produk mereka sehingga hasilnya maksimal. 

Oleh karena itu, jangan mengabaikan nasihat supplier atau vendor Anda. Apalagi sekarang persaingan bisnis semakin kompetitif, maka sikap yang terbuka perlu Anda miliki.

5. Pesan Sesuai Tujuan Bisnis Anda

Pesan Sesuai Tujuan Bisnis Anda

Sebelum mengirimkan purchase order, pastikan pesanan bisnis Anda sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Jika Anda tidak mau meninjau ulang pesanan dan langsung bertindak, barang yang dibeli bisa jadi tidak cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tidak bisa dimungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang secara pesat seiring berjalannya waktu. Banyak alternatif yang telah dipakai oleh berbagai perusahaan untuk memudahkan proses pembayaran bisnis mereka.

OY! Bisnis menyediakan berbagai layanan yang bisa dijadikan solusi untuk kebutuhan transaksi bisnis Anda. Salah satunya adalah Bulk Disbursement.

Jika Anda menggunakan Bulk Disbursement, pembayaran ke rekening apa pun bisa dilakukan tanpa perlu khawatir ada yang terlewat atau terlambat. Berapa pun jumlah transaksi Anda, semua bisa diselesaikan dalam satu waktu.

Dengan menggunakan Bulk Disbursement, Anda bisa membayar semua vendor, merchant, agen, dan rekan bisnis Anda secara bersamaan dalam satu waktu cukup dengan mengunggah file .CSV ke dalam Dashboard OY! Bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan ini.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan dari OY! Indonesia. Download aplikasi OY! Indonesia sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023