5 Bank Pengguna Terbanyak dan Terbesar di Indonesia

Luthfa
|
October 7, 2021

Bank menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan adanya bank, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah, mulai dari menyimpan uang, mengirimkan uang maupun menerima uang dari siapapun.

Kemudahan inilah yang membuat masyarakat berbondong-bondong membuka rekening di bank yang mereka percayai. Belakangan terakhir, industri perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hal ini dibuktikan dari dari banyaknya bank baru yang mulai bermunculan.

Anda sebagai calon nasabah tentunya harus mempertimbangkan pilihan bank yang tepat. Untuk itu, berikut kami berikan daftar bank dengan pengguna terbanyak dan terbesar di Indonesia.

Bank Terbesar di Indonesia

Kehadiran bank memang sangat membantu kegiatan masyarakat dalam bertransaksi. Bank bertugas menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.  

Pertumbuhan sektor perbankan yang kian berkembang membuat masyarakat harus pintar dalam memilih bank yang terbaik. Sebagai pertimbangan, berikut kami berikan daftar bank terbaik dengan jumlah aset terbesar di Indonesia.

1. Bank Mandiri

Di urutan pertama ada Bank Mandiri yang menjadi bank dengan aset terbesar di Indonesia. Setelah mendapatkan limpahan aset dari merger Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Mandiri membukukan asetnya dengan total Rp1.584,1 triliun per akhir Maret 2021 lalu.

Nominal tersebut tumbuh melesat 20 persen dari periode sebelumnya. Angka ini pun membuktikan kalau Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang sangat diperhitungkan eksistensinya di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membuka rekening di Bank Mandiri, beberapa produk yang akan Anda dapatkan di antaranya e-Banking Kartu Mandiri Prabayar seperti ATM Mandiri, Mandiri Debit, Mandiri Prabayar (e-Money), Mandiri e-Cash. Sedangkan untuk kartu kreditnya, yaitu Mandiri MasterCard, Mandiri Visa.

2. Bank BRI

Menduduki peringkat kedua, Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank tertua dan juga menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Dengan usianya yang sudah mencapai 126 tahun, Bank BRI memiliki nasabah terbanyak jika dibandingkan dengan bank milik pemerintah lainnya.

Di awal-awal kemunculannya, Bank BRI hanya memenuhi kebutuhan priyayi, tapi kini Bank BRI telah melayani kebutuhan masyarakat bahkan hingga ke pelosok daerah. Beberapa produk yang dimiliki Bank BRI antara lain BRI Simpedes, Tabungan Britama, Britama Bisnis, Simpedes TKI, Tabungan BRI Simpel.

Selain itu, ada pula Tabungan Haji, Britama Rencana, dan BRI Junior. Hingga saat ini, tercatat Bank BRI telah membukukan aset sebesar Rp1.411,05 triliun.

3. Bank BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1957, Bank BCA tercatat memiliki aset di atas seribu triliun rupiah (2021).

Produk simpanan dari Bank BCA di antaranya Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu, Tapres, BCA Dollar, Giro, Giro Valas, Deposito Berjangka, LAKU. Sedangkan untuk perbankan elektronik Bank BCA memiliki ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, Flazz BCA, BCA by Phone, Klik BCA, m-BCA, SMS BCA, BCA KlikPay, BCA Mobile, myBCA, dan DUITT.

4. Bank BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi bank milik pemerintah selanjutnya yang tergolong ke dalam bank terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, Bank BNI sudah memiliki 914 kantor cabang di dalam negeri dan 5 cabang di luar negeri.

Bank BNI mempunyai anak perusahaan, yakni BNI Remittance Limited – Hong Kong, PT Bina Usaha Indonesia, PT BNI Life, PT BNI Multi Finance, PT BNI Nomura Jafco Investment, PT BNI Nomura Jafco Manajemen Ventura.

Selain itu, ada pula PT BNI Nomura Jefco Ventura Satu, PT BNI Securities, PT Pembiayaan Artha Negara, PT Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT Asuransi Tri Pakarta, Bank BNI Syariah, Bank Nusa Nasional (telah spin-off 2009). Per April 2021, Bank BNI terhitung memiliki aset sebesar Rp916,95 triliun.

5. Bank BTN

Bank Tabungan Negara atau BTN mengukuhkan posisinya sebagai bank dengan aset terbesar kelima di Indonesia. Bank yang dikenal sebagai spesialis penyalur kredit perumahan ini mencatatkan asetnya senilai Rp356,97 triliun atau tumbuh sebesar 12,9 persen dari periode sebelumnya.

Sebagai bukti eksistensinya di Tanah Air, Bank BTN pernah menyabet peringkat 1 sebagai Bank Terbaik dalam ajang Anugerah Perbankan Indonesia VI 2017.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateway Terlengkap di Indonesia

Jika Anda sudah mengetahui daftar bank terbesar dengan aset terbanyak di Indonesia, kini saatnya Anda untuk mengintegrasikan bisnis online Anda ke salah satu bank tersebut. Setelah itu, gunakan metode pembayaran yang diinginkan oleh konsumen.

Sebab dengan cara tersebut Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda. Oleh karena itulah, bergabunglah dengan OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account, kartu kredit/debit, serta QRIS.

Daftar sekarang dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi! 



Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang