Tren Bisnis dan Jualan Online di Tahun 2022

Shafira
|
February 6, 2022

Tren Bisnis dan Jualan Online di Tahun 2022 - Dalam dua tahun terakhir ini, dunia bisnis telah melihat perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang cara wirausahawan memulai dan menjalankan bisnis jualan online. Jika kamu merasa sedikit ragu, atau tidak yakin dengan langkah bisnis yang harus diambil, kamu tidak sendirian.

Sebagai pemilik usaha kecil, alat terbaik yang dapat kamu miliki adalah informasi, baik tentang bagaimana minat masyarakat tentang suatu bisnis maupun bagaimana masyarakat membutuhkan bisnis yang kamu tawarkan. OY! Indonesia telah merangkum prediksi tren bisnis dan jualan online yang akan besar di tahun 2022 ini. Apakah saja itu? 

Mari simak tren bisnis dan jualan online di tahun 2022 ini.


Tren Bisnis dan Jualan Online 2022


Tren Bisnis dan Jualan Online di Tahun 2022


Terdapat beberapa tren yang akan terjadi dalam sektor bisnis dan jualan online di tahun 2022, seperti:


Digitalisasi Pembayaran akan Menjadi Tren Pembayaran Utama

Customer experience telah menjadi suatu tolak ukur bagi bisnis untuk berkembang. Penting bagi suatu bisnis untuk meninggalkan kesan positif dalam benak pelanggan. Terlebih lagi, customer experience dibangun dari pengalaman pelanggan dalam menggunakan suatu jasa atau layanan dari bisnis tersebut.

Pengalaman tersebut juga mencakup bagaimana suatu bisnis menyelesaikan proses pembayaran. Pandemi COVID-19 ini telah mengungkap perubahan dalam penggunaan berbagai metode pembayaran. Masyarakat semakin dianjurkan untuk bertransaksi tanpa kontak fisik. Pandemi ini telah menjadi suatu pendorong bagi bisnis untuk mempercepat digitalisasi dalam saluran pembayaran mereka. Apalagi saat ini, teknologi seperti API telah memudahkan proses pembayaran berbasis internet.


Pasar akan Didominasi Generasi Pelanggan Berusia Muda

Pasar semakin merasakan kebangkitan generasi muda. Tumbuh selama revolusi teknologi, kaum milenial menyesuaikan diri dengan konektivitas dan media sosial yang konstan saat mereka beranjak dewasa. Karena itu, mereka lebih mungkin untuk mengadopsi teknologi baru dengan cepat.

Pasar milenial memiliki segmen yang luas. Ini penting untuk diingat jika suatu bisnis ingin menargetkan mereka dengan cara yang paling efisien. Kaum milenial memiliki karakteristik unik dan minat yang beragam, dan itu juga tergantung pada tahap kedewasaan mereka. Karena kaum milenial terus mendominasi pasar, penting bagi suatu bisnis untuk mengetahui cara paling efektif untuk menjangkau mereka secara online.

Pergeseran drastis tersebut akan memiliki efek yang signifikan pada kultur pembayaran. Konsumen berusia muda cenderung menginginkan proses pembayaran yang praktis dan fleksibel untuk dilakukan. Untuk memenuhi permintaan kelompok pembeli yang sangat besar ini, bisnis perlu berinovasi dalam penerapan sistem pembayaran dan berubah menjadi digital sepenuhnya.


Pembayaran akan Semakin Disederhanakan

Penyederhanaan adalah tren pembayaran yang berkembang pesat. Saat ini, tersedia solusi pembayaran all-in-one yang memberikan cakupan yang luas dan fleksibel untuk memproses pembayaran dalam bisnis. Dengan teknologi, komplikasi yang terjadi dalam proses pembayaran dapat dihindari dan sistem pembayaran bisnis pun lebih rapi dan efisien.


Tren Bisnis dan Jualan Online 2022


Ide Bisnis dan Jualan Online di Tahun 2022


Ada beberapa ide bisnis dan jualan online yang dapat kamu ikuti di tahun 2022 ini.


Kursus dan Pelatihan Online

Semenjak pandemi terjadi, kursus online menjadi sangat populer karena orang-orang tidak perlu meninggalkan rumah untuk belajar sesuatu. Mereka dapat belajar langsung dari rumah mereka via koneksi internet. Jika kamu memiliki kelebihan tentang suatu pengetahuan atau keahlian, maka kursus dan pelatihan online merupakan ide bisnis yang memiliki potensi tinggi untukmu. 

Kursus online dapat disampaikan sebagai teks melalui email, atau kamu dapat membuat materi mengajar yang lebih rumit yang mencakup video, webinar, dan juga tugas latihan. Kamu dapat mengatur dan melakukan kursus online melalui situs web atau blog milikmu sendiri. Kamu juga dapat menggunakan layanan seperti Udemy atau Skillshare.


Jual Produk Cetak Kustom

Jika kamu mencari cara unik untuk menawarkan produk kepada konsumen, maka produk cetak kustom dapat menjadi produk yang ampuh dan menarik yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong conversion bisnis di dalam prosesnya.

Produknya pun beragam mulai dari topi, kaos, gelas, buku, hingga tas. Kamu dapat memberikan kebebasan untuk pelanggan dalam proses kreatifnya. Pelanggan memiliki kebebasan untuk mendesain dan menciptakan produk yang mereka inginkan.


Bisnis Coffee Shop

Kopi adalah salah satu minuman yang dicintai banyak orang. Ubah kecintaanmu pada minuman kopi menjadi usaha yang menghasilkan uang serius dengan meluncurkan coffee shop atau kedai kopi. 

Jika kamu tidak memiliki waktu dan dedikasi untuk membangun bisnis coffee shop dari awal, bergabung dengan franchise coffee shop yang sudah tenar mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Atau, kamu juga dapat membeli coffee shop yang sudah mapan dan melakukan rebranding.


Dropshipping

Dropship adalah bisnis yang mudah untuk memulai dan yang pertama dari ide bisnis bagus kami. Dropship adalah model pemenuhan di mana pemasok pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan inventaris ke pelanggan atas namamu. 

Bagi banyak orang, dropship adalah pilihan termudah dan paling efisien untuk memulai usaha UMKM berbasis online. Dropship adalah salah satu bisnis terbaik untuk pemula karena biaya muka yang rendah, produk sudah disediakan, dan skalabel. Kamu dapat memulai hanya dengan memiliki toko online dan keahlian pemasaran.

Bahkan, kamu tidak perlu berurusan dengan pengiriman sebagai seorang dropshipper, karena hal ini dapat ditangani oleh para supplier. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk membantu kamu memulai usaha dropshipping-mu. Plus, jangkauan produk yang bisa kamu jual secara dropship hampir tidak terbatas.


Sediakan Pembayaran yang Aman dan Efisien untuk Jualan Online dengan OY! Bisnis



OY! Bisnis dari OY! Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis jualan online milikmu. Sebagai salah satu platform money moving terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu mengatur kanal pembayaran bagi bisnis kamu. 

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Kamu juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran.

Mari daftarkan bisnis jualan online milikmu di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023