Tips Mudah Cari Kerja Saat Kuliah di Luar Negeri

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Kerja sambil kuliah tentunya merupakan hal yang diminati oleh sebagian besar mahasiswa. Selain bisa mengembangkan diri dan memperoleh pengalaman awal dalam dunia kerja, mahasiswa juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan atau ditabung untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari. 

Faktanya, mahasiswa yang berkuliah di luar negeri umumnya memilih bekerja di luar jam kuliah. Hal ini disebabkan oleh biaya hidup di luar negeri yang cukup mahal sehingga mengharuskan mereka untuk mencari penghasilan tambahan.

Mencari kerja di luar negeri ternyata nggak semudah yang dibayangkan loh. Kamu perlu menerapkan beberapa hal agar bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok selama menjadi mahasiswa rantau di luar negeri.

Tenang, OY! punya beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam mencari pekerjaan saat kuliah di luar negeri. Simak tipsnya di artikel berikut ini!

Kerja Saat Kuliah: Part Time Job

Kalau kamu sedang berkuliah, pastinya kamu nggak akan bisa kerja full-time, kan? Jadi, tipe pekerjaan yang bisa kamu lakukan adalah part-time job atau kerja sampingan.

Kerja sampingan (part time job) adalah pekerjaan yang sistemnya memiliki durasi kerja setengah dari jam kerja normal. Selain itu, pekerjaan part time bersifat sementara sampai periode tertentu yang akan ditetapkan oleh perusahaan.

Sebelum memutuskan untuk mencari kerja saat kuliah di luar negeri, pastikan kamu diperbolehkan untuk bekerja sambil kuliah terlebih dahulu, ya. Sebab, beberapa negara atau pihak pemberi beasiswa nggak mengizinkan mahasiswanya untuk bekerja sama sekali. 

Apabila kamu diperbolehkan untuk mengambil kerja sampingan, kamu tinggal menyusun strategi pencarian lowongan kerja nih! Cermati tips-tips mudah cari kerja saat kuliah di luar negeri pada ulasan berikut ini. 

Tips Mudah Cari Kerja Saat Kuliah Di Luar Negeri

Ingin berhasil memperoleh pekerjaan selama berkuliah di luar negeri? Usaha kamu tentu harus disertakan dengan beberapa tips yang mampu membantu kamu ketika mencari kerja (job hunting).

Lantas, apa saja tips cari kerja di luar negeri? Yuk, bahas tipsnya di ulasan berikut ini!

1. Tentukan Pekerjaan yang Kamu Inginkan

Tentukan Pekerjaan yang Kamu Inginkan di Luar Negeri


Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum mulai mencari lowongan pekerjaan di luar negeri adalah menentukan jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Jadi, kamu harus tahu dulu mengenai passion kamu. Kerja sesuai passion pasti akan terasa lebih menyenangkan, kan?

Pertimbangkan industri yang kamu minati serta posisi yang paling sesuai dengan keterampilan kamu. Kamu akan lebih terarah jika melakukan hal-hal tersebut hingga bisa menentukan jenis pekerjaan yang kamu inginkan.

2. Lakukan Riset secara Cermat dan Teliti

Tips Mudah Cari Kerja Saat Kuliah di Luar Negeri

Sebagai seorang mahasiswa, melakukan riset untuk keperluan tugas kuliah sudah bukan hal yang asing lagi. Nah, kamu bisa menerapkan kemampuan riset kamu saat job hunting karena mencari pekerjaan di luar negeri memerlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Kini, banyak tawaran lowongan kerja yang berniat menipu masyarakat, khususnya penawaran kerja melalui dunia maya atau secara online. Maka dari itu, sebelum kamu mendaftarkan diri ke dalam suatu lowongan kerja, lakukan riset terlebih dahulu secara online untuk mencari tahu kebenaran dari lowongan kerja tersebut.

Selain melakukan riset secara online, kamu juga dapat melakukan riset secara langsung di kehidupan nyata. Kamu bisa bertanya langsung kepada koneksi, teman, atau saudara yang pernah bekerja di luar negeri untuk mendapatkan saran dari mereka.

3. Miliki Tekad yang Kuat

Miliki Tekad yang Kuat untuk Cari Pekerjaan

Secara umum, mencari lowongan kerja merupakan hal yang nggak boleh disepelekan, apalagi di luar negeri. Oleh karena itu, tekad yang kuat wajib dimiliki oleh mahasiswa yang berencana untuk bekerja sambil kuliah.

Selama proses riset untuk mencari peluang kerja di luar negeri, pasti akan ada saatnya kamu merasa bosan, stres, atau bahkan frustasi. Namun, jika kamu memiliki tekad kuat, kamu pasti akan selalu antusias dan nggak mudah menyerah. 

Sama saja ketika ingin mendapatkan nilai ujian yang memuaskan, kamu harus memiliki tekad yang kuat dan bekerja keras. Agar berhasil mencari kerja, kamu juga harus berusaha dan memiliki tekad yang kuat.

 4. Kembangkan Kemampuan dan Potensi Diri

Tips Mudah Cari Kerja Saat Kuliah di Luar Negeri


Setiap orang pasti memiliki kemampuan dan potensi dalam dirinya masing-masing. Kemampuan dan potensi harus dikembangkan agar bermanfaat saat terjun ke dunia kerja nanti. Jika dibiarkan, kemampuan dan potensi diri lama-kelamaan bisa hilang loh!

Kamu bisa mengembangkan kemampuan dan potensi diri kamu dengan banyak membaca, mencari ilmu dari teman kuliah atau menguji diri kamu sendiri dengan berbagai tantangan. Misalnya, biasakan untuk meluangkan waktu untuk mengembangkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang produktif.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan apabila kamu ingin mencari kerja saat kuliah di luar negeri. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang merantau ya!

Bagi kalian yang sedang atau pernah berkuliah di luar negeri, pasti kamu sudah sering pakai jasa remitansi, kan? Kuliah di luar negeri akan mengharuskan mahasiswa untuk melakukan transaksi antar negara, baik untuk penerimaan uang maupun pengiriman uang. 

Mau kirim uang ke luar negeri? Telusuri tipsnya di sini!

Jasa remitansi biasanya mengenakan biaya pengiriman uang yang cukup mahal bagi mahasiswa rantau yang ingin mengirim uang ke dalam negeri maupun orang lain pada umumnya. Selain itu, kamu juga harus mengunjungi kantor bank atau instansi yang menyediakan jasa remitansi setiap kali mengirim uang ke luar negeri.

Nah, kami punya solusi terbaik nih buat kalian yang ingin kirim uang ke luar negeri yang pastinya lebih hemat dan praktis. Siapa sih yang nggak mau hemat dan praktis saat ingin kirim uang ke luar negeri?

Solusinya adalah jasa remitansi dari OY! Indonesia. Yuk, bahas lebih lanjut mengenai jasa remitansi yang menguntungkan ini!

Kirim Uang Antar Negara dengan Murah dan Mudah via OY! Indonesia

OY! Indonesia merupakan perusahaan fintech yang menyediakan berbagai layanan atau fitur perbankan yang menguntungkan, salah satunya adalah layanan pengiriman uang ke luar negeri (remitansi). Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan layanan remitansi dari OY! Indonesia.

Dengan biaya yang murah dan metode yang mudah, kamu langsung bisa kirim uang ke luar negeri melalui OY! Remittance. Klik tautan ini untuk mengetahui caranya.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia untuk menikmati berbagai keuntungan lain yang pastinya nggak boleh kamu tinggalkan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang