Tips Menggunakan Instagram untuk Berjualan

Luthfa
|
August 5, 2021

Selain menjadi platform media sosial yang digandrungi, rupanya Instagram juga sangat diminati masyarakat untuk dijadikan media berbisnis online. Akun Instagram dinilai cocok untuk menciptakan branding sebuah produk dan mengenalkannya kepada masyarakat luas.

Berjualan di Instagram juga memiliki banyak kelebihan, di antaranya jangkauan yang lebih luas, tersedia fitur promosi yang beragam, tampilan menarik hingga mudah diakses oleh semua orang. Meski begitu, dibutuhkan trik khusus agar bisa sukses berjualan di Instagram.

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia bisnis online dan ingin menggunakan Instagram sebagai wadah berjualan, sebaiknya simak tips berikut ini!

Tips Menggunakan Instagram untuk Berjualan

Berjualan di dunia maya akan terasa sangat berbeda dibandingkan berjualan dengan membuka toko offline. Para pebisnis online memerlukan strategi khusus agar produk yang dijual sampai pada target pasar yang sesuai.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan sistem pembayarannya mengingat ini adalah bisnis online yang artinya semuanya harus dilakukan secara daring. Berkaca pada sistem pembayaran di Indonesia yang kini mulai beralih ke pembayaran secara online, Anda juga perlu menerapkan hal serupa jika ingin sukses berjualan di media sosial seperti Instagram.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memulainya, sebaiknya simak tips berjualan di Instagram berikut ini.

1. Buat akun Instagram profesional untuk bisnis Anda

tips menggunakan instagram untuk berjualan

Pertama-tama buatlah akun khusus untuk bisnis Anda. Instagram sendiri menyediakan pilihan untuk mengalihkan akun biasa menjadi akun profesional. Bedanya dengan akun biasa, akun profesional bisnis memiliki fitur Instagram Ads yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda ke banyak orang.

Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang akan melihat akun Instagram. Ada pun syarat utama untuk membuat akun bisnis di Instagram yaitu terhubung dengan akun Facebook. Setelah itu, Anda baru bisa membuat akun dengan memilih menu SettingsAccountSwitch to Business Account.

2. Buat tampilan profil akun semaksimal mungkin

tips menggunakan instagram untuk berjualan

Agar lebih mudah dikenali oleh orang-orang yang mengunjungi laman profil akun Instagram Anda, sebaiknya manfaatkan detail-detail yang ada di Instagram. Tujuannya agar memaksimalkan profil akun bisnis Anda.

Mulailah dengan mengupload foto logo brand sebagai foto profil, mencantumkan keyword, mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, menampilkan kategori bisnis, dan mencantumkan link website jika ada. Anda juga harus memaksimalkan tampilan highlight (sorotan) di profil akun bisnis Anda agar lebih enak dipandang.

3. Koneksikan akun bisnis Anda dengan akun media sosial lainnya

Jika ingin menjangkau lebih banyak orang, koneksikan akun bisnis Anda dengan akun media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Dengan fitur ini, setiap postingan yang Anda buat di Instagram akan otomatis terunggah di media sosial lainnya yang terkoneksi.

4. Buat konten yang menarik

tips menggunakan instagram untuk berjualan

Poin satu ini tak kalah penting mengingat Instagram mengutamakan visualisasi. Oleh karenanya, buatlah konten semenarik mungkin dengan tampilan visual yang enak dilihat. Gunakan permainan warna yang mencolok dan senadakan semua konten dengan tone warna yang serupa.

Anda juga bisa menambahkan watermark, frame, logo, atau apa pun pada foto produk Anda sebagai ciri khas dari desain produk Anda. Selain itu, postinglah konten sesering mungkin demi membuat akun Instagram Anda terasa lebih ‘hidup’.

5. Gunakan hashtag yang tepat

tips menggunakan instagram untuk berjualan

Penggunaan hashtag juga merupakan hal penting dalamberjualan di Instagram. Usahakan memakai hashtag yang tepat setiap kali menulis caption pada postingan yang hendak diunggah.

6. Memperbanyak followers

Untuk menambah daya tarik pembeli, akun Instagram Anda harus memiliki banyak pengikut. Sementara dibutuhkan waktu untuk meraih followers lebih banyak. Oleh karenanya, Anda bisa mempromosikan jualan Anda di akunpribadimu terlebih dahulu dan meminta bantuan teman atau saudara untuk memfollowakun Instagram bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memfollow akun lain sesuai target pasaran. Dengan begitu, bisa dipastikan akan lebih banyak orang yang terhubung dengan akun bisnis Anda.

7. Upload testimoni dari pelanggan

Mengupload testimoni dari pelanggan akan menjadi nilai plus untuk brand Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada produk jualan Anda.

Selain mengupload testimoni, Anda juga bisa memajang resi pengiriman atau ketika barang sudah dipacking dan mau dikirimkan. Cara ini bisa mengundang kepercayaan dari calon konsumen.

Tingkatkan Penjualan dengan Mendaftarkan Bisnis Anda di OY! Bisnis

Jika Anda sudah siap untuk berjualan di Instagram, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari cara dalam menyediakan metode pembayaran untuk pelanggan. Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa berjualan secara online artinya Anda harus siap dengan sistem pembayaran yang juga harus dilakukan secara online.

Untuk memfasilitasi pelanggan dalam melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan jasa payment gateaway seperti OY! Bisnis. Dengan OY! Bisnis, Anda dapat menyediakan sistem pembayaran otomatis yang memudahkan konsumen.

Sebagai pemilik toko online, Anda juga bisa dengan mudah menerima pembayaran dari konsumen. Sebab dengan payment gateaway, Anda bisa mendapatkan konfirmasi pembayaran otomatis sehingga Anda tidak perlu mengecek transaksi satu per satu.

Tentunya hal ini dapat menguntungkan bisnis Anda. Maka dari itu, segeralah daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati keuntungan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023