Ingin Belanja Tapi Bujet Pas-pasan? Ini Tipsnya

Atia Nadira
|
June 30, 2021

Kebutuhan hidup manusia merupakan hal yang harus dipenuhi agar bisa bertahan hidup, terutama kebutuhan pokok seperti bahan makanan (sembako). Namun, dari banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, nggak semua orang bisa memenuhinya dengan mudah loh. 

Faktor utama yang menyebabkan hal tersebut adalah keterbatasan bujet. Bujet yang pas-pasan otomatis akan mengharuskan kamu untuk menyusun strategi agar bisa menggunakan uang yang kamu punya secara maksimal. Salah satu caranya adalah dengan berhemat.

Berhemat adalah salah satu cara mengakali bujet belanja yang pas-pasan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang tanpa harus irit secara drastis. Dengan cara yang tepat, kamu tentunya bisa belanja walaupun dengan bujet pas-pasan.

Lantas, bagaimana cara berbelanja dengan bujet yang pas-pasan? Nah, artikel OY! berikut ini akan membahas beberapa tips belanja untuk kamu yang punya bujet yang terbatas. Simak terus, ya!

Peningkatan Kebutuhan Hidup yang Membuat Dompet Menipis

Peningkatan Kebutuhan Hidup yang Membuat Bujet Menipis


Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan hidup masyarakat cenderung mengalami peningkatan akibat berubahnya gaya hidup di era modern. Tanpa disadari, perkembangan zaman yang semakin marak terjadi akan menyebabkan adanya pengeluaran tambahan yang harus dibayar oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan hidup mereka.

Faktanya, tagihan bulanan juga kian bertambah, apalagi dengan adanya teknologi di kehidupan masyarakat. Alhasil, di samping tagihan bulanan lainnya, masyarakat kini harus mempersiapkan dana untuk membayar segala macam tagihan tambahan, misalnya internet (baik kuota internet maupun WiFi) dan TV kabel atau layanan streaming (apabila berlangganan).

Selain membayar seluruh tagihan bulanan, kamu juga perlu membayar kebutuhan pokok yang kamu butuhkan sehari-hari, khususnya bahan makanan dan minuman. Dengan bujet yang sedang pas-pasan, kamu tentu harus lebih cermat dalam mendistribusikan uang yang kamu punya untuk barang-barang yang dibutuhkan.

Nah, sebagai awal mula agar bisa menggunakan bujet yang pas-pasan dengan baik, kamu bisa menerapkan beberapa tips hemat belanja dari OY! Indonesia. Ingin tahu apa saja tips belanja saat bujet pas-pasan? Telusuri ulasannya di bawah ini!

5 Tips Belanja Saat Bujet Pas-pasan

Sebetulnya kamu hanya perlu mengatur ulang strategi penggunaan uang kamu, baik untuk kebutuhan harian maupun bulanan. Cara ampuh yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyusun strategi hemat.

Strategi hemat yang dimaksud di sini bukan berarti kamu harus irit banget sampai menyiksa diri sendiri, ya. Cukup dengan mengubah gaya hidup yang awalnya boros menjadi lebih hemat akan sangat membantu kamu dalam memanfaatkan bujet belanja yang pas-pasan.

Kira-kira apa saja tips belanja saat bujet pas-pasan? Tenang, OY! sudah menyediakan tips-tipsnya di bawah ini!

1. Rancang Daftar Belanjaan Bulanan

Tips Belanja Saat Bujet Pas-pasan

Tahukah kamu kalau belanja dalam jumlah banyak untuk keperluan satu bulan ternyata lebih murah daripada belanja harian dalam jumlah sedikit? Mungkin terdengar aneh, namun jika belanjaan harian untuk satu bulan digabungkan, total harganya bisa jauh lebih mahal dibanding satu kali belanja bulanan dalam jumlah banyak.

Berbicara tentang hal tersebut, tips pertama yang akan kita bahas adalah merancang daftar belanjaan bulanan. Dengan memanfaatkan daftar belanjaan, kamu bisa lebih hemat dan terarah saat berbelanja. Mengapa demikian?

Bayangkan saja, jika kamu berbelanja tanpa rencana, kamu akan cenderung lebih boros. Sebab, kamu hanya akan mengandalkan ingatan kamu dan mengutamakan keinginan kamu saat berbelanja.

Penggunaan daftar belanjaan juga mampu mencegah kamu untuk melupakan barang yang ingin dibeli. Siapa sih yang mau bolak-balik ke toko akibat kelupaan membeli barang yang kamu butuhkan? Di samping lelah, ongkos kamu juga akan berlipat ganda.

2. Cek Stok Kebutuhan yang Tersedia

Tips Belanja Saat Bujet Pas-pasan

Selanjutnya, tips yang penting untuk dilakukan saat bujet pas-pasan adalah mengecek stok kebutuhan yang masih ada. Tujuannya adalah untuk menentukan stok kebutuhan apa saja yang perlu dibeli ketika hendak berbelanja.

Jika stok kebutuhan kamu ada yang hampir atau sudah habis, kamu bisa buat catatan kecil yang mencantumkan stok yang habis tersebut. Dengan melakukan ini, kamu hanya akan membeli barang yang ada di dalam catatan saja sehingga kamu bisa hemat dan nggak mubazir.

Tips ini akan sangat membantu kamu dalam mengatur pengeluaran serta alokasi keuangan kamu. Jadi, kamu bisa memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan.

3. Bandingkan Harga Antara Satu Toko dengan Toko Lainnya

Tips berikutnya yang perlu kamu terapkan adalah membandingkan harga barang yang ingin dibeli antara satu toko dengan toko lainnya. Barang yang sama bisa saja dijual dengan harga yang berbeda, tergantung toko yang menjual barang tersebut. 

Sebagai contoh, harga sembako di minimarket umumnya lebih mahal daripada di warung. Oleh karena itu, jangan pernah bosan dan malas untuk membandingkan harga. 

Apabila perbedaan harga per barang nggak seberapa, kamu tetap nggak boleh menyepelekan harganya. Jika kamu membeli barang tersebut dalam jumlah banyak, perbedaan harganya lumayan besar, kan?

4. Hindari Godaan Diskon

Nah, tips yang satu ini wajib kamu perhatikan. Pastikan untuk menghindari kebiasaan melihat diskon atau promo agar nggak gampang tergoda. Jangan salah, diskon bisa menjadi penyebab belanja yang berlebihan loh. 

Membeli barang yang lagi diskon memang dapat mengurangi pengeluaran kamu tapi kamu harus bijak dalam memanfaatkan diskon yang ditawarkan agar nggak konsumtif. Maka dari itu, jangan mudah tergiur dengan diskon, ya! 

Namun, kalau barang yang kamu butuhkan kebetulan lagi diskon, kamu boleh memanfaatkan diskon tersebut dan belanja seperlunya. Di lain kasus, jika barang yang nggak kamu butuhkan lagi diskon, sebaiknya kamu nggak usah beli barang tersebut agar bisa menghemat pengeluaran.

5. Irit Ongkos dengan Belanja Online

Tips Belanja Saat Bujet Pas-pasan

Apakah kamu tinggal di kota besar yang ramai dan padat penduduk? Jika iya, berbelanja secara langsung di toko (offline) tentu membutuhkan ongkos yang nggak sedikit, kan? 

Untuk itu, berbelanja secara online merupakan solusi yang tepat bagi kamu yang berdomisili di kota besar seperti Jakarta. Kamu dapat menghemat ongkos dan tenaga karena setiap pembelian online dapat dilakukan tanpa harus bepergian.

Sekian tips belanja bagi kamu yang memiliki bujet yang pas-pasan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu ketika berbelanja. Selamat mencoba! 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, belanja online memiliki banyak keuntungan dibanding belanja offline. Keuntungannya meliputi penghematan ongkos dan tenaga, kepraktisan, dan efisiensi waktu.

Kebetulan nih, OY! punya solusi nih buat kamu yang mau lebih hemat saat membayar belanjaan online kamu. Solusinya adalah membayar lewat aplikasi OY! Indonesia.

Yuk, Bayar Belanjaan Online secara Hemat Lewat Aplikasi OY! Indonesia

Hemat Belanja dengan Aplikasi OY! Indonesia

Aplikasi OY! Indonesia merupakan aplikasi fintech terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai macam fitur perbankan yang menguntungkan. Salah satunya adalah fitur transfer antar bank gratis, yaitu fitur OY! Plus.

Pembayaran belanjaan online atau transaksi lainnya yang dilakukan melalui OY! Plus akan sangat membantu kamu yang sedang berusaha untuk lebih hemat. Fitur ini memungkinkan kamu untuk bertransaksi ke rekening bank mana saja tanpa dikenakan biaya admin. Caranya juga gampang kok!

Mau transfer antar bank dengan nominal yang besar? Tenang, ada paket berlangganan OY! Plus yang menyediakan puluhan kuota transaksi dengan nominal berapa pun hanya dengan satu kali bayar.

Tunggu apa lagi? Yuk, bayar belanjaan online kamu dengan mudah dan gratis lewat aplikasi OY! Indonesia. Download aplikasinya sekarang. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023