Pentingnya Meningkatkan Customer Experience dalam Bisnis

Luthfa
|
July 19, 2021

Setiap pebisnis pasti menginginkan usahanya berkembang pesat. Hal ini sebenarnya bisa terwujud selama Anda mengetahui cara meningkatkan customer experience yang efektif. Customer experience bukan hanya bisa membangun citra perusahaan tapi juga sebaliknya, yaitu menghancurkannya.

Bisa dibilang customer experience adalah penentu keberhasilan suatu bisnis. Terlebih, media sosial yang kini marak digunakan oleh masyarakat sehinggamemudahkan mereka untuk memberikan penilaian atas pengalamannya saat berbelanja.

Jika pelanggan memberikan penilaian yang baik, maka value dari customer experience pun akan meningkat. Semakin banyak penilaian positif yang Anda dapatkan, semakin baik dampaknya untuk perkembangan bisnis Anda.

Apa itu customer experience?

pentingnya meningkatkan customer experience dalam bisnis

Customer experience atau pengalaman pelanggan adalah tanggapan seorang pelanggan secara subjektif mengenai pengalamannya saat berbelanja online maupun offline. Penilaian dari pelanggan inilah yang kemudian bisa meningkatkan nilai produk dan jasa.

Sebab pengalaman berbelanja customer akan membekas di benak mereka sehingga memengaruhi perspektifnya terhadap perusahaan. Dengan begini, pebisnis dapat mengetahui secara pasti apakah strategi penjualan mereka berjalan baik atau tidak. Selain itu, pebisnis juga dapat mengetahui feedback yang dirasakan oleh pelanggan saat berbelanja di toko mereka.

Faktor penting dalam customer experience

pentingnya meningkatkan customer experience dalam bisnis

Terdapat beberapa faktor penting yang memengaruhi customer experience. Apa saja?

  1. Accessibility

Kemudahan yang didapat pelanggan dalam berinteraksi dan mengakses produk yang ditawarkan.

  1. Customer recognition

Konsumen akan merasa bahwa pendapat mereka didengar dan diperhatikan oleh perusahaan.

  1. Problem solving

Merupakan keyakinan pelanggan terkait masalahnya yang mampu diselesaikan oleh perusahaan.

  1. Competence

Pelanggan akan melihat apakah perusahaan memiliki kompetensi yang memadai sehingga membuat mereka lebih mudah dalam menentukan apakah harus membeli atau tidak.

  1. Promise fulfilment

Perusahaan harus bisa menepati janji mereka sesuai iklan atau promosi yang ditawarkan.

  1. Helpfulness

Pelanggan akan merasa terbantu jika perusahaan memberikan kemudahan dalam setiap proses transaksi, mulai dari saat memilih barang hingga tahap pembayarannya.

  1. Value for time

Perasaan pelanggan bahwa waktu yang dimilikinya dihargai oleh perusahaan.

  1. Personalization

Perasaan konsumen bahwa dirinya menerima perlakuan atau fasilitas yang membuat dirinya nyaman sebagai individu yang membeli sebuah produk.

Bagaimana cara meningkatkan customer experience?

Dalam membangun customer experience, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan. Simak rangkumannya di bawah inI!

Fokus pada pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penilaian pelanggan sangat memengaruhi tingkat customer experience. Semakin baik tingkat kepuasan konsumen, semakin baik pula pengalamannya terkait produk yang dibeli.

Untuk itulah penting bagi Anda untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Jujur

Perlu dipahami bahwa kritikan yang disampaikan oleh pelanggan bukanlah bentuk kebencian, melainkan keinginan konsumen agar produk yang disukainya dapat lebih baik lagi. Untuk menanggapi kritikan ini, Anda hanya perlu jujur kepada pelanggan terkait kekurangan yang produk Anda miliki.

Sediakan kemudahan akses bagi pelanggan

Jika skala bisnis Anda tergolong besar, maka sediakan media yang tepat untuk menampung pertanyaan seluruh pelanggan. Hindari media telepon bila Anda tidak memiliki cukup banyak karyawan.

Demi meningkatkan customer experience, sediakan beberapa media untuk mempermudah pelanggan dalam menghubungi Anda, misalnya fitur livechat di situs web atau melalui email dan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

Berikan layanan tambahan

Tidak harus memberikan harga murah untuk meningkatkan customer experience. Anda hanya perlu memberikan layanan tambahan, misalnya melakukan teknik bundling dengan menawarkan paket produk/jasa yang lebih lengkap dibandingkan dengan tawaran perusahaan lain. Dengan begini, konsumen pun akan tertarik dengan produk yang Anda jual.

Melakukan evaluasi

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan evaluasi terhadap hasilnya. Evaluasi ini terkait dengan keberhasilan Anda dalam membangun customer experience. Jika ternyata hasilnya belum sesuai target, maka cari tahu apa yang harus diperbaiki.

Bergabung dengan OY! Bisnis

Dalam meningkatkan customer experience, Anda juga bisa membenahi sistem pembayaran guna mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan kemudahan itulah, pelanggan akan merasa sangat terbantu dan merasa nyaman dalam bertransaksi.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem pembayaran adalah dengan menggunakan jasa payment gateaway seperti OY! Bisnis. Sebagai salah satu payment gateaway Indonesia terlengkap, OY! Bisnis akan membuat sistem pembayaran berjalan lebih mudah dan cepat.

OY! Bisnis juga memfasilitasi Anda dalam menyediakan metode pembayaran yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Untuk itu, mari bergabung dengan OY! Bisnis!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023