Peluang Bisnis Online 2022

Arin
|
May 13, 2022

Peluang Bisnis Online 2022 - Pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia tampaknya membuat kondisi ekonomi menjadi semakin tidak menentu. Banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya dan pebisnis yang akhirnya harus gulung tikar karena modal balik yang didapatkan tidak setimpal dengan yang dikeluarkan.

Akan tetapi, di tengah krisis tersebut nyatanya ada satu area bisnis yang terus mengalami peningkatan yang signifikan selama pandemi, yaitu bisnis online. Para pebisnis mulai menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk mengembangkan bisnis mereka.

Menjalankan bisnis online menjadi solusi yang paling diminati oleh masyarakat banyak karena dianggap bisa menjangkau lebih banyak pelanggan serta memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan bisnis konvensional. 

Selain itu, ada banyak pilihan produk dan jasa yang bisa dijual secara online sehingga memunculkan pasar yang luas. Saat ini juga ada banyak aplikasi dan platform yang mendukung para pengusaha online sehingga bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula yang tidak memiliki pengalaman berbisnis.

Peluang Bisnis Online 2022

Walaupun memiliki prospek yang menjanjikan, tetapi jenis usaha secara online yang satu ini juga memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar memilih produk yang akan kamu jual agar menjadi lebih unggul atau mencolok daripada kompetitor.

Selanjutnya, kamu juga bisa memaksimalkan peluang bisnis online kamu dengan memilih ide usaha online yang sesuai dengan tren saat ini. Umumnya, orang-orang akan lebih tertarik dan memberikan perhatian terhadap tren yang sedang terjadi. 

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan momentum yang ada dalam memilih jenis bisnis online yang akan kamu lakukan. Berikut adalah beberapa ide usaha online yang saat ini sedang populer dan bisa kamu coba.

Freelancer 

Peluang Bisnis Online 2022

Jenis usaha sampingan secara online yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi freelancer. Saat ini, banyak perusahaan dari yang berskala kecil sampai besar yang sering mempekerjakan freelancer dalam satu proyek untuk mencukupi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Jenis pekerjaan yang satu ini cocok sekali untuk dilakukan bagi orang yang sedang mencari penghasilan tambahan di sela-sela kesibukan harian maupun mereka yang memiliki skill mumpuni dan ingin menjadikannya sebagai peluang bisnis karena memiliki jam kerja yang fleksibel.

Ide usaha online ini juga memiliki banyak pilihan sehingga kamu bisa memilih bidang pekerjaan sesuai dengan skill yang kamu miliki. Contoh pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara freelance antara lain adalah editor, penerjemah, copywriter, hingga guru les.

Bisnis Afiliasi 

Peluang Bisnis Online 2022

Ide bisnis online selanjutnya bisa kamu jadikan pilihan karena hanya membutuhkan smartphone dengan koneksi internet. Bisnis afiliasi atau affiliate partner merupakan salah satu ide jualan online yang sedang naik daun akhir-akhir ini. 

Menjadi affiliate partner memberikan keuntungan yang cukup memuaskan, kamu bisa melihat berapa besar komisi yang diberikan dengan cara memeriksa syarat dan ketentuan yang ada di masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, bisnis online yang satu ini banyak diminati karena praktis dan mudah dilakukan siapapun.

Beberapa perusahaan yang saat ini memiliki program affiliate partner antara lain adalah Shopee, BukaLapak, Agoda, hingga Tiket.com.

Content creator 

Peluang Bisnis Online 2022

Content creator juga menjadi peluang bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan. Sesuai namanya, content creator adalah seseorang yang membuat konten baik dalam bentuk foto, tulisan maupun video. 

Content creator umumnya memiliki konten yang menarik serta pengikut atau penonton dari berbagai macam kalangan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang bekerja sama dengan berbagai macam jenis content creator untuk memasarkan produk mereka ke kalangan pasar yang luas.

Pekerjaan yang satu ini jika dilakukan secara konsisten maka memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar. Selain itu, pekerjaan ini bisa menjadi wadah bagi seseorang untuk menyalurkan hobi mereka dan mendapatkan penghasilan secara bersamaan sehingga memiliki banyak sekali peminat.

Podcast

Peluang Bisnis Online 2022

Saat ini, podcast menjadi salah satu jenis bisnis yang sedang naik daun, khususnya di kalangan anak muda. Podcast adalah suatu rekaman audio yang umumnya berisi opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab dan bisa didengarkan melalui internet.

Podcast dianggap sebagai konten yang unik karena setiap podcast memiliki keunikan dan jenis penyampaian yang berbeda-beda. Selain itu, podcast juga banyak diminati daripada radio biasa karena memiliki topik yang bervariasi sehingga para pendengar bisa memilih podcast sesuai selera. 

Hal tersebut lantas membuat podcast memiliki penggemar dari berbagai macam kalangan sehingga bisa dijadikan ide jualan online untuk bisnis kamu.

Desain Grafis

Peluang Bisnis Online 2022

Ide jualan yang satu ini merupakan jenis bisnis online yang selalu memiliki banyak peminat. Perusahaan maupun pemilik bisnis tentunya selalu membutuhkan seseorang untuk bisa mendesain logo maupun infografik dari produk yang mereka tawarkan, dan disinilah seorang desain grafis dibutuhkan.

Bisnis yang satu ini masuk ke dalam kategori bisnis kreatif dengan omset yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan kamu bisa mematok harga sesukamu sesuai dengan permintaan desain yang diminta pelanggan.

Nah, setelah membaca artikel diatas, apakah sekarang kamu sudah mulai memiliki ide mengenai bisnis online yang akan kamu lakukan di tahun 2022 ini? Untuk kamu yang ingin memulai bisnis online, ayo segera bergabung di OY! Bisnis dan kembangkan bisnismu.

 

Gabung dengan OY! Bisnis dan Kembangkan Bisnismu Sekarang

OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi secara digital dengan mudah dan efisien. Ada berbagai metode pembayaran yang disediakan sehingga bisa melakukan transaksi dengan berbagai macam pilihan seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS. 

Dengan banyaknya opsi pembayaran yang dihadirkan, kamu jadi bisa memudahkan pelanggan untuk membayar sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu, pelanggan kamu akan merasa leluasa untuk membayar sesuai dengan metode yang mereka inginkan.

Selain itu, OY! Bisnis juga memudahkan proses rekonsiliasi keuangan bisnis kamu karena kamu bisa mengecek seluruh riwayat transaksi di dalam satu dashboard.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis agar bisnis kamu makin berkembang? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023