Merdeka Finansial dengan Bisnis Online, Memang Bisa?

Arin
|
August 16, 2022

Merdeka Finansial dengan Bisnis Online, Memang Bisa? - Di bulan Agustus ini, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-77. Berbicara soal kemerdekaan, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah meraih merdeka secara finansial? Tahukah kamu kalau kamu bisa mewujudkan merdeka finansial dengan cara menjalankan bisnis online?

Merdeka finansial atau financial freedom memungkinkan seseorang untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa perlu mencemaskan kondisi keuangan. Jadi, orang yang telah meraih kemerdekaan finansial sudah tidak perlu lagi bekerja terlalu keras karena mereka sudah memiliki jumlah kekayaan yang mencukupi.

Untuk bisa meraih kemerdekaan secara finansial, kamu pastinya harus cermat dalam mengelola keuangan dalam jangka waktu panjang. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa menghindari kebiasaan konsumtif dan memulai kebiasaan menabung sebagai simpanan di masa depan nanti.

Walaupun terdengar sulit, kamu harus mulai mengelola keuangan dari sedini mungkin agar kondisi keuangan kamu tetap terjamin bahkan ketika kamu berhenti kerja atau pensiun. Yuk, simak artikel yang satu ini untuk mengetahui betapa pentingnya merdeka secara finansial dan bagaimana kamu bisa meraihnya dengan cara menjalankan bisnis online!

Kenapa Harus Merdeka Finansial?

Merdeka Finansial dengan Bisnis Online, Memang Bisa?

Siapa sih yang tidak mau memiliki biaya yang mencukupi, bahkan setelah mereka sudah tidak lagi bekerja atau pensiun? Orang yang telah meraih merdeka finansial memiliki keuangan yang cukup untuk bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus bekerja tanpa henti. Hal ini tentunya membuat merdeka finansial menjadi impian semua orang.

Umumnya, orang yang telah meraih merdeka finansial memiliki gaya hidup yang membutuhkan pengeluaran lebih kecil dibanding penghasilannya sehingga mereka bisa menyisihkan sejumlah biaya untuk tabungan di masa depan. 

Merdeka secara finansial ini penting untuk diraih agar kamu bisa hidup dengan layak, memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta siap secara finansial jika dihadapkan dengan situasi tidak terduga. Selain itu, memiliki kebebasan secara finansial menunjukkan bahwa kamu tidak perlu lagi bergantung secara finansial kepada orang lain sehingga bisa menghindari hutang.

Namun, perlu diingat juga bahwa setiap orang akan meraih kemerdekaan secara finansial secara berbeda-beda, semuanya tergantung dengan kebutuhan dan batas masing-masing. Maka dari itu, jangan samakan penghasilan serta tujuan akhir kamu dengan milik orang lain.

Meskipun begitu, ada beberapa ciri umum yang menunjukkan bahwa seseorang telah mencapai kemerdekaan secara finansial, antara lain:

  • Sudah memiliki asuransi kesehatan dan jiwa.
  • Mampu membayar atau tidak memiliki hutang.
  • Mampu membiayai gaya hidup dan kebutuhan tanpa terkendala biaya.
  • Memiliki dana darurat untuk membiayai kebutuhan mendadak.
  • Mempunyai sejumlah tabungan untuk rencana masa depan.
  • Masa pensiun sudah terjamin dengan tabungan dana pensiun.

Bisnis Online, Cara Tepat Raih Merdeka Finansial

Merdeka Finansial dengan Bisnis Online, Memang Bisa?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengatur keuangan agar penghasilan kamu lebih besar dari pengeluaran memiliki peranan penting untuk bisa meraih kemerdekaan secara finansial. Kamu harus hindari pemborosan dan biasakan berhemat agar bisa mencapai merdeka finansial.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki gaji atau penghasilan yang cukup? Jangankan untuk ditabung atau diinvestasikan, penghasilan mereka yang terlalu sedikit membuat mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak ada uang yang bisa disisihkan. Hal ini tentunya juga akan membuat mereka kesulitan untuk mencapai merdeka secara finansial.

Nah, menjalankan bisnis online merupakan salah satu cara yang terbukti bisa menambah penghasilan kamu. Untuk bisa menambah penghasilan guna mencapai merdeka finansial, kamu bisa memulai bisnis online. 

Bisnis online ini jika dijalankan dengan serius akan menjadi investasi jangka panjang yang dapat membantu agar keuangan kamu tetap terjamin di masa depan nanti. Di bawah adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika hendak menjalankan bisnis online guna mencapai merdeka finansial.

Pilih bisnis yang tidak memerlukan modal

Agar bisa mendapatkan keuntungan sekaligus menghemat biaya, kamu bisa pilih bisnis online yang tidak memerlukan modal seperti reseller, affiliate, atau bahkan bekerja sebagai penulis freelance. Dengan cara ini, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar sehingga tidak akan mengganggu kondisi keuanganmu.

Manfaatkan teknologi digital

Saat ini, sudah ada banyak teknologi digital yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis online kamu. Selain minim biaya, media digital seperti media sosial dan semacamnya juga bisa meraih target pasar yang lebih luas sehingga tingkat penjualan bisnis online milikmu akan meningkat. Kamu pun bisa menabung keuntungan tersebut dan menjadi satu langkah lebih dekat untuk meraih kemerdekaan secara finansial.

Investasi kembali ke bisnismu

Selain ditabung, pertimbangkan menggunakan sebagian penghasilan yang kamu dapatkan dari bisnis online untuk mengembangkan bisnis milikmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan sejumlah biaya dari penghasilan yang didapat agar bisa menambah produk baru atau mempercantik toko online agar bisa memikat semakin banyak pembeli. Omset penjualan kamu pun akan meningkat sehingga tabungan kamu juga akan bertambah.

Setelah membaca artikel di atas, apakah sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana bisnis online bisa membantu kamu dalam mencapai kemerdekaan secara finansial? Nah, saat ini menjalankan bisnis online menjadi semakin mudah dengan adanya OY! Bisnis. Ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Penjualan Bisnis Online Semakin Meningkat dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023