Mengenal Remitansi dan Mekanisme Kerjanya

Mutia
|
May 3, 2021

Transaksi keuangan non-tunai yang sudah nggak asing lagi saat ini semakin banyak diminati oleh banyak orang. Hal ini membuat banyak perusahaan keuangan menciptakan berbagai layanan yang memudahkan transaksi keuangan, termasuk mengirim uang ke luar negeri.

Untuk bisa transfer uang ke luar negeri, ada layanan yang bernama remitansi atau remittance. Bagi kamu yang sedang menetap di luar negeri atau memiliki keluarga dan kerabat yang tinggal di luar negeri, layanan ini sudah nggak asing lagi bagi kamu.

Tetapi, kalau kamu masih asing dengan istilah ini, jangan khawatir! Berikut ini adalah penjelasan agar kamu bisa mengenal layanan remitansi.

Apa itu Remitansi?

layanan remitansi

Remitansi adalah layanan untuk mengirim uang yang digunakan oleh pengirim dari Indonesia ke penerima di luar negeri atau remitansi keluar (outward remittance), maupun sebaliknya yang disebut remitansi masuk (inward remittance). Proses pengiriman uang dalam bentuk valuta asing dapat dilakukan oleh lembaga keuangan baik itu bank maupun non-bank.

Seiring dengan perkembangan zaman, layanan ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang ingin melakukan transaksi keuangan dalam waktu cepat. Hal ini menyebabkan banyak sekali lembaga yang menyediakan jasa remitansi di luar sana.

Namun, pastikan kamu nggak melakukan remitansi di sembarang tempat. Sebelum mengirim uang, cari tahu terlebih dahulu tempat-tempat resmi yang sudah mendapatkan lisensi dari lembaga yang berwenang. Berikut ini beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan remitansi.

  • Bank
  • Penyedia Jasa Pengiriman Uang
  • ATM
  • Kantor Pos

Manfaat Remitansi untuk Masyarakat

layanan remitansi

Layanan remitansi tentunya membantu banyak masyarakat Indonesia yang menetap di luar negeri. Selain itu, remitansi dengan jumlah besar memiliki potensi untuk menggerakan perekonomian negara.

Bagi yang menggunakan layanan ini, remitansi memudahkan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri. Uang yang ditransfer dapat diambil secara tunai maupun mendatangi mesin ATM.

Remitansi juga menjadi salah satu sarana pengiriman uang ke luar negeri yang aman. Selain itu, jangka waktu pengiriman dan penerimaan uang juga sudah pasti dan terukur.

Biaya Jasa Remitansi

Setiap kamu akan melakukan transaksi keuangan ke luar negeri, akan ada biaya pengiriman yang terbagi dalam dua jenis.

  • Biaya Transaksi

Biaya ini merupakan biaya jasa pengiriman uang yang berbeda pada masing-masing penyedia layanan jasa. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencari tahu biaya transaksi sebelum mengirim uang.

  • Biaya Komisi

Untuk biaya ini biasanya timbul atas aktivitas jual-beli valuta asing yang digunakan dalam transaksi.

Mekanisme Remitansi di Bank

layanan remitansi

Sebelum menggunakan layanan ini, kamu harus mengetahui mekanismenya terlebih dahulu. Alur yang diberlakukan pada layanan remitansi nggak jauh berbeda di berbagai bank yang menyediakan layanan tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Datangi kantor cabang bank terdekat yang melayanan layanan remitansi
  2. Isi formulir pengiriman uang dengan benar dan lengkap, diantaranya nominal uang yang akan dikirim, identitas pengirim dan penerima, bank tujuan penerima uang
  3. Pihak bank akan melakukan proses permintaan remitansi setelah formulir terisi lengkap
  4. Bank pengirim akan melakukan proses permintaan remitansi melalui bank koresponden selaku penghubung dengan bank tujuan
  5. Bank tujuan akan menerima uang yang akan diteruskan kepada pihak penerima

Nah, bagaimana? Sudah lebih tahu tentang remitansi, kan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu kamu yang ingin menggunakan layanan remitansi ya.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023