5 Ide Bisnis UMKM Rumahan dengan Modal Rp1 Juta

Shafira
|
January 17, 2022

5 Ide Bisnis UMKM Rumahan dengan Modal Rp1 Juta - Memulai bisnis UMKM rumahan memang mengasyikkan. Tetapi banyak orang ragu untuk memulai karena keterbatasan ide, waktu, uang, dan risiko bisnis yang harus dihadapi.

Sebetulnya ada banyak cara untuk memulai bisnis yang membuat kamu tidak terlalu fokus pada biaya untuk memulai bisnis. Kebanyakan orang berpikir bahwa memulai bisnis membutuhkan modal yang besar, tetapi hal ini belum tentu demikian. Bahkan dengan uang Rp1 juta, kamu dapat mulai menjalankan bisnis UMKM di rumah sendiri. 

Dalam artikel ini terdapat lima ide bisnis kecil ini dapat menjadi titik mulai yang bagus untuk pebisnis pemula yang tidak memiliki banyak modal. Dengan ide, pendekatan, dan sumber daya yang tepat, kamu juga dapat meluncurkan bisnismu sendiri.

Berikut adalah lima contoh ide bisnis UMKM rumahan yang dapat kamu mulai sendiri dengan investasi kecil.

Memulai Bisnis Dropship



Ide Bisnis UMKM Rumahan Dropship



Dropship adalah bisnis yang mudah untuk memulai dan yang pertama dari ide bisnis bagus kami. Dropship adalah model pemenuhan di mana pemasok pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan inventaris ke pelanggan atas nama Anda. 

Bagi banyak orang, dropship adalah pilihan termudah dan paling efisien untuk memulai usaha UMKM berbasis online. Dropship adalah salah satu bisnis terbaik untuk pemula karena biaya muka yang rendah, produk sudah disediakan, dan skalabel. Kamu dapat memulai hanya dengan memiliki toko online dan keahlian pemasaran.

Bahkan, kamu tidak perlu berurusan dengan pengiriman sebagai seorang dropshipper, karena hal ini dapat ditangani oleh para supplier. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk membantu kamu memulai usaha dropshipping-mu. Plus, jangkauan produk yang bisa kamu jual secara dropship hampir tidak terbatas.

 

Bisnis Frozen Food

Ide Bisnis UMKM Rumahan Frozen Food



Frozen food atau makanan beku merupakan salah satu produk pangan yang sering dikonsumsi. Karena sifatnya yang praktis dan mudah untuk dimasak, frozen food digandrungi oleh banyak bisnis restoran dan masyarakat umum. Beberapa tahun terakhir telah terlihat peningkatan dramatis dalam permintaan frozen food. Awalnya frozen food hanya bermunculan di beberapa toko ritel dan supermarket, tetapi karena minat masyarakat akan frozen food semakin meninggi, kini banyak sekali agen atau pun toko yang menjual makanan beku siap pakai ini.

Saat ini, sangat mudah untuk mendaftar menjadi agen penjual frozen food. Yang perlu dilakukan adalah kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis kemitraan yang akan kamu lakukan dengan suatu merek frozen food. Tentukan produk apa yang ingin kamu jual dan jangan lupa untuk siapkan perhitungan biaya operasional yang akan digunakan. Setelah itu, kamu bisa mendaftarkan diri ke agen supplier frozen food terdekat dan pelajari tata cara menjadi agen frozen food. Jangan lupa untuk mengantongi surat izin edar resmi serta menyimpan produk frozen food dengan baik agar kualitas produk terjaga.


Memulai Bisnis Online Thrift Shop


Ide Bisnis UMKM Rumahan Online Thrift Shop


Online thrift shop ini bisa dibilang salah satu contoh bisnis yang menjanjikan karena kegiatan thrifting sedang populer di kalangan generasi muda. Dengan modal kemampuanmu dalam memilih pakaian-pakaian bekas yang terlihat masih ‘menjual’, mencuci dan mendesinfektan, lalu mempromosikannya di berbagai laman media sosial, kamu dapat meraih pangsa pasar yang besar dengan keuntungan besar. 

Harga pakaian bekas yang sudah dicuci dan terlihat bersih akan sangat berbeda jauh dari saat kamu pertama kali membelinya. Apabila kamu memiliki kelihaian dalam memilih pakaian dan mengambil foto untuk setiap produk thrift kamu, kamu dapat memberikan harga yang jauh berbeda dari harga awal.

Menjadi Agen PPOB



Ide Bisnis UMKM Rumahan Agen PPOB



PPOB atau Payment Point Online Banking merupakan suatu bisnis yang bergerak dalam bidang pembayaran berbagai jenis tagihan. PPOB membantu masyarakat yang berada di lokasi yang jauh dari fasilitas pembayaran untuk membayar tagihan. Tidak hanya itu saja, PPOB ibaratnya seperti ‘mesin kasir berjalan’ karena membantu banyak masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan atau top up dengan mudah. Saat ini, semakin banyak masyarakat yang menjadi agen PPOB karena potensi untuk meraih keuntungan yang cukup besar. 

Menjadi agen PPOB cukup mudah karena kamu dapat menemukan vendor PPOB secara online maupun offline. Di dunia maya, kamu cukup mencari forum-forum PPOB di media sosial dan bergabung ke dalam forum tersebut untuk memulai. Kamu juga dapat menemukan vendor PPOB secara offline dengan mengunjungi konter agen pembayaran secara langsung. Sebelum bergabung menjadi agen, pastikan untuk selalu cari informasi sebanyak mungkin mengenai vendor PPOB yang akan kamu ikuti.

Membuka Toko Kelontong



Ide Bisnis UMKM Rumahan Toko Kelontong


Usaha toko kelontong atau yang sering juga disebut sebagai ‘warung’ merupakan salah satu usaha UMKM rumahan yang tidak membutuhkan modal besar. Toko kelontong sangat mudah ditemukan di mana saja dan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat umum. Selain menjual sembako, toko kelontong juga menjual makanan ringan hingga alat tulis seperti buku tulis, pulpen, dan penggaris.

Untuk memulai usaha toko kelontong, kamu dapat memulainya dengan mencari lokasi usaha yang strategis. Setelah itu, kamu dapat mencari supplier barang-barang dagangan yang sekiranya cocok dengan modal awal yang kamu miliki. Kamu juga tentunya perlu mempelajari sistem inventaris dan cara menjaga kualitas produk di dalam penyimpanan. 

Tingkatkan Performa Pembayaran UMKM dengan OY! Bisnis

Ide Bisnis UMKM Rumahan OY Bisnis

Agar performa UMKM milikmu makin meningkat, OY! Bisnis hadir dengan layanan yang akan memudahkan kamu untuk mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif.

Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023