Keuntungan Bisnis Online Pakai QRIS

Arin
|
July 21, 2022

Keuntungan Bisnis Online Pakai QRIS - Seiring dengan berkembangnya teknologi di Indonesia, akses internet dalam negeri juga semakin menjangkau banyak wilayah sehingga jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Kemudahan akses internet ini lalu dimanfaatkan masyarakat untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari mereka, salah satunya adalah digunakan untuk menjalankan bisnis online shop guna mencari penghasilan.

Sesuai dengan namanya, bisnis ini memungkinkan pebisnis untuk menjalankan kegiatan usaha secara online. Selain itu, bisnis online shop juga banyak diminati oleh pebisnis maupun pelanggan karena seluruh kegiatan jual-beli bisa dilakukan melalui gadget sehingga dianggap lebih praktis.

Keuntungan Bisnis Online Pakai QRIS

Dikarenakan kegiatan jual-beli yang dilakukan secara online, tentunya pembayaran saat di bisnis online shop tidak bisa dilakukan secara langsung. Untungnya, saat ini sudah ada berbagai macam jenis sistem pembayaran digital yang bisa digunakan dalam bisnis online milikmu, salah satunya adalah pembayaran dengan menggunakan QRIS.

Bagi kamu yang sudah sering berbelanja secara online pastinya sudah tidak asing dengan pembayaran dengan memakai QRIS. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standar kode QR yang dibuat untuk memfasilitasi pembayaran digital agar transaksi bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan praktis.

Kehadiran QRIS dalam bisnis online shop akan memudahkan pebisnis serta pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran, karena mereka hanya memerlukan kode QR yang umumnya bisa dipindai dengan menggunakan berbagai macam aplikasi finansial seperti e-wallet maupun mobile banking.

Untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan metode pembayaran dengan QRIS dalam bisnis online shop milikmu, ayo simak artikel yang satu ini!

Transaksi lebih cepat dan praktis

Keuntungan Bisnis Online Pakai QRIS

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa membuat proses transaksi pembayaran di online shop kamu berjalan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan penjual hanya perlu menyiapkan satu kode QR yang nantinya akan dipindai oleh pembeli dengan menggunakan aplikasi yang mendukung saat mereka melakukan pembayaran.

Metode yang satu ini tentunya jauh lebih praktis karena pembeli tidak perlu membayar dengan menggunakan uang tunai. Selain itu, penjual juga tidak perlu repot-repot menyiapkan maupun menghitung uang kembalian, sehingga pembayaran pun bisa diproses dengan lebih cepat dan efektif. 

Mencegah peredaran uang palsu

Dalam menjalankan suatu bisnis online shop, tentunya kamu sebagai pebisnis harus terus siaga dengan segala macam penipuan yang mungkin akan terjadi dalam bisnis kamu. Salah satu jenis penipuan yang sering terjadi adalah penipuan dengan menggunakan uang palsu saat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Untuk menghindari kejadian tersebut, pemakaian QRIS pada online shop milikmu merupakan suatu pilihan yang tepat. QRIS merupakan metode pembayaran digital, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan uang tunai pada saat menjalankan transaksi pembayaran di bisnis online shop milikmu sehingga kamu bisa menghindari kerugian.

Mempermudah pencatatan keuangan dalam bisnis

Penggunaan pembayaran dalam bisnis online shop dengan menggunakan QRIS memungkinkan kamu sebagai pemilik bisnis untuk memantau segala macam jenis transaksi dengan mudah. Hal ini dikarenakan semua transaksi masuk maupun keluar akan tercatat secara otomatis di sistem sehingga bisa kamu periksa secara real time.

Pencatatan otomatis ini akan membantu kamu dalam menganalisa dan merencanakan keuangan dalam bisnis online shop milikmu, sehingga pengelolaan keuangan dalam bisnis pun dapat berjalan dengan lancar.

Menyediakan metode pembayaran yang bervariasi

Keuntungan Bisnis Online Pakai QRIS

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang mendukung sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS sehingga kamu pun bisa memilih metode pembayaran dengan leluasa. Selain itu, pelanggan juga tidak perlu lagi mengirimkan bukti pembayaran, karena semua proses transaksi dalam bisnis online shop milikmu akan tercatat secara otomatis di sistem.

Walaupun pemilik bisnis harus membayarkan sejumlah biaya jika mereka menggunakan QRIS, biaya tersebut jumlahnya tidak terlalu besar. Pelanggan juga tidak perlu mengeluarkan biaya admin di luar total belanja mereka, sehingga bisnis online shop yang menyediakan pembayaran dengan QRIS lebih banyak diminati oleh pelanggan.

Keamanan transaksi sudah terjamin

Pembayaran dengan metode QRIS sebenarnya tidak jauh berbeda dengan metode transfer saldo antar rekening, karena kedua transaksi sama-sama membutuhkan PIN maupun kode untuk persetujuan. Selain itu, setiap transaksi juga akan tercatat dalam sistem sehingga kamu bisa melaporkan jika ada transaksi tidak wajar di akun milikmu.

Pastikan saja kalau kamu menggunakan aplikasi finansial yang terpercaya saat menyediakan pembayaran dengan QRIS dalam bisnis online shop kamu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi OY! Bisnis dari OY! Indonesia, yang sudah mendapatkan lisensi dari BI dan OJK sebagai penyelenggara teknologi finansial sehingga sudah terjamin keamanannya.

Nah, setelah membaca artikel diatas, apakah kamu semakin tertarik untuk menyediakan pembayaran dengan menggunakan QRIS dalam bisnis online shop kamu? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang dan dapatkan keuntungannya!

Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis maupun masyarakat untuk mempermudah proses transaksi keuangan mereka.

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023