Kelebihan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis

Atia Nadira
|
June 9, 2021

Penyediaan fasilitas yang mampu memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian sangat krusial dalam suatu bisnis. Calon konsumen pasti menginginkan prosedur yang sederhana ketika hendak melakukan transaksi atau pembayaran.

Hal yang perlu dilakukan oleh pebisnis adalah merencanakan suatu cara yang mampu memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. Salah satu hal yang dapat membantu sistem pembayaran bisnis Anda adalah payment gateway.

Dengan menggunakan payment gateway, banyak keuntungan yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Jadi, pemilihan payment gateway yang tepat sangat penting dan perlu dipertimbangkan secara matang.

Sebelum mengaplikasikan payment gateway di dalam sistem bisnis Anda, sebaiknya ketahui dulu tentang sistem payment gateway beserta kelebihannya untuk bisnis Anda berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Payment Gateway?

payment gateway

Payment gateway merupakan sistem transaksi online yang memberikan otorisasi terhadap proses pembayaran antara pembeli dan penjual, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, maupun metode pembayaran lainnya. Sistem payment gateway diciptakan untuk memudahkan proses transaksi dalam suatu bisnis, terutama bisnis online.

Kini, sudah banyak toko online yang menggunakan layanan payment gateway. Dengan layanan payment gateway, sistem pembayaran menjadi lebih praktis, aman, dan pastinya bikin nyaman para pelanggan.

Payment gateway memiliki kelebihan-kelebihan yang mampu menguntungkan bisnis Anda. Berikut ulasan mengenai beberapa kelebihan dari payment gateway yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pebisnis.

Kelebihan-Kelebihan dari Payment Gateway untuk Bisnis

1. Kemudahan dalam Melakukan Pembayaran

Kelebihan Payment Gateway dalam Bisnis


Pesatnya perkembangan teknologi telah menyebabkan masyarakat mulai beralih ke toko online saat hendak berbelanja. Toko online yang menerapkan payment gateway dalam sistem pembayarannya akan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran. 

Pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, proses pembayaran dalam bisnis Anda pun bisa berjalan dengan lancar, baik pengiriman uang oleh pelanggan maupun penerimaan uang dari pelanggan. 

2. Keamanan Transaksi Pembayaran Terjamin

Kelebihan Payment Gateway dalam Bisnis


Seluruh data pelanggan Anda otomatis akan terjamin keamanannya apabila bisnis Anda memanfaatkan layanan payment gateway. Hal ini dikarenakan payment gateway telah dilengkapi dengan komponen pelindung (security) yang mampu menjaga data pelanggan dengan baik.

Keamanan dari layanan payment gateway sudah tidak perlu diragukan karena proses aktivasi akun untuk menggunakan layanan ini meliputi beberapa syarat khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh sembarang toko online. Alhasil, risiko penipuan menjadi rendah sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dan mempertanyakan keamanan transaksi.

3. Meluaskan Jangkauan Pasar 

Kelebihan Payment Gateway dalam Bisnis

Kelebihan lain dari penggunaan payment gateway adalah jangkauan pasar Anda menjadi sangat luas. Pembayaran dapat dilakukan dan diakses secara online sehingga calon pelanggan Anda bisa berasal dari berbagai kalangan dan berjumlah banyak. Di samping itu, payment gateway juga mampu menjangkau pembeli dari luar negeri.

Secara otomatis, hal ini akan mempercepat penjualan dan mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, pembeli juga akan bisa memilih berbagai opsi metode pembayaran. Oleh sebab itu, pihak pebisnis dan pembeli akan merasakan keuntungan dengan adanya penggunaan payment gateway.

4. Tidak Merepotkan Pelanggan

Setiap pelanggan tentunya ingin dimudahkan saat melakukan transaksi atau pembayaran. Melalui layanan payment gateway, Anda dapat menyenangkan hati pelanggan Anda karena sistem pembayaran bisnis Anda tidak akan merepotkan mereka.

Pelanggan Anda tidak lagi harus melakukan konfirmasi pembayaran secara manual setelah melakukan pembayaran. Sebab, payment gateway menyediakan fitur konfirmasi otomatis yang menunjukkan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan oleh pelanggan Anda. Notifikasi akan diterima oleh Anda sebagai pebisnis secara real time.

Sekian penjelasan mengenai beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan payment gateway. Setelah mengetahui kelebihan dari layanan payment gateway, Anda harus memilih payment gateway yang terbaik untuk bisnis Anda, yakni OY! Indonesia.

Gunakan Payment Gateway dengan Bergabung di OY! Bisnis

Payment Gateway Indonesia dengan OY! Bisnis


OY! Indonesia merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam fitur yang mampu memudahkan proses transaksi bisnis Anda. Untuk segala kebutuhan bisnis, Anda dapat bergabung dengan OY! Bisnis.

Sebagai payment gateway terbaik di Indonesia, OY! Bisnis memberikan fasilitas integrasi untuk berbagai macam metode pembayaran seperti transfer antar bank, kartu kredit, virtual account, dan lain sebagainya. Pelanggan Anda akan mendapatkan keleluasaan dalam memilih metode pembayaran dengan tingkat keamanan yang tinggi dan terpercaya dalam satu platform yang sama.

Mari bergabung dengan OY! Bisnis dan daftarkan bisnis Anda untuk mendapatkan layanan payment gateway terbaik untuk bisnis Anda. Nikmati segala kelebihan dari penggunaan payment gateway melalui OY! Bisnis.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang