Ingin Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online? Ikuti 5 Tips Efektif Berikut Ini!

Shafira
|
August 12, 2021

Dunia bisnis online kini semakin kompetitif dengan semakin lekatnya tren online shopping dalam masyarakat. Pasar e-commerce dan kultur digital yang tumbuh cepat dan kompetitif memberikan peluang dan tantangan bagi banyak pemilik bisnis online.

Dengan banyaknya bisnis online yang hadir, para pelanggan maupun calon pelanggan akan cenderung memilih untuk berbelanja dan bertransaksi dengan bisnis yang memiliki citra yang terpercaya karena mereka ingin merasa aman saat melakukan pembelian.

Dalam bisnis, kepercayaan bukanlah sesuatu yang dapat Anda bangun sekali dan akan terus bertahan selamanya. Membangun kepercayaan membutuhkan perhatian dan usaha yang konstan. Memang hal ini tidak mudah dan membutuhkan banyak usaha, tetapi jika Anda bisa melakukannya, bisnis Anda dapat bertahan dan memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan.

Ketika pelanggan percaya pada bisnis Anda, mereka akan terus membeli, berinteraksi, dan menjadi loyal terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan adalah salah satu komponen penting dalam menjaga suatu bisnis tetap hidup dan berkembang.

Singkatnya, jika Anda ingin sukses di dunia e-commerce yang semakin kompetitif, Anda harus bekerja keras dalam membangun kepercayaan dengan audiens target Anda.

Jadi, bagaimana Anda membangun kepercayaan online dengan pelanggan? Berikut 5 tips efektif yang dapat Anda ikuti.


Ingin Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online? Ikuti 5 Tips Efektif Berikut Ini!

Meningkatkan Pelayanan Pelanggan (Customer Service)


Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan adalah dengan memberikan layanan customer service terbaik. Jika Anda ingin para pelanggan bertransaksi dengan bisnis Anda, Anda tentunya harus mengutamakan mereka dengan mengembangkan dan memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Hal ini didukung dengan memiliki staf customer service yang berdedikasi, menyediakan layanan berkualitas, dan siap mendengarkan keluhan serta saran dari pelanggan Anda untuk memahami kebutuhan dan kekhawatiran mereka. Dengan ini Anda untuk dapat terus memberikan pengalaman pelanggan positif yang patut diingat oleh para pelanggan Anda.


Tampilkan Ulasan dan Testimoni dari Pelanggan


Tidak ada cara yang lebih baik untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda selain memberikan bukti. Apa pun reputasi bisnis yang telah Anda bangun, pelanggan akan secara alami ingin mendengar pengalaman dari pelanggan lain sebelum mengambil keputusan. Pelanggan cenderung memilih bisnis atau usaha yang memiliki ulasan atau testimoni positif. Entah ulasan itu disampaikan melalui ulasan tertulis, dari ucapan dari mulut-ke-mulut, ataupun sekedar rating di laman internet. 

Untuk memanfaatkan ulasan dan testimoni pelanggan, pastikan Anda membuatnya dapat diakses dengan mudah. Anda dapat memuat ulasan dan testimoni terbaik Anda di platform sosial media, situs web bisnis Anda, dan di mana pun sekiranya pelanggan Anda dapat melihatnya.


Kembangkan Kehadiran Digital yang Kuat


Banyak calon pelanggan akan membentuk kesan pertama mereka tentang bisnis Anda melalui situs web, Google, atau media sosial Anda. Orang-orang akan mempelajari semua tentang bisnis Anda dan merasakan apa yang tersedia bagi mereka saat menjadi pelanggan di bisnis Anda. 

Tentunya Anda ingin menonjolkan barang dan jasa Anda sambil meninggalkan kesan positif dan abadi. Salah satu kekuatan dari presensi digital adalah Anda memiliki kendali atas citra online yang diciptakan melalui pencitraan merek yang dirancang secara profesional. Bisnis Anda akan tampak lebih manusiawi dan mudah terhubung dengan pelanggan.

Terapkan Keterbukaan dan Transparansi dalam Bisnis Anda 


Kultur pelanggan modern saat ini menuntut lebih dari sekedar produk berkualitas dengan harga yang kompetitif; mereka juga menuntut bisnis membangun kepercayaan dengan transparansi. Transparansi sangat penting untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda, terutama jika Anda mengelola bisnis produksi. Pelanggan mempercayai perusahaan yang transparan tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses manufaktur suatu produk terjadi. 

Transparansi bukan berarti Anda memberitahu rahasia dagang bisnis ke publik, tetapi terbuka dengan kualitas yang diberikan oleh bisnis Anda. Jika pelanggan merasa kualitas layanan yang mereka dapatkan berbeda dari apa yang mereka harapkan, hal tersebut dapat mempengaruhi citra bisnis. Pelanggan menginginkan transparansi tentang produk mereka dari sumber yang kredibel. Oleh karena itu, komunikasi yang otentik adalah kuncinya.

Ingin Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online? Ikuti 5 Tips Efektif Berikut Ini!


Hadirkan Metode Pembayaran yang Bervariasi dan Aman


Salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis online adalah memastikan bahwa Anda memiliki opsi pembayaran yang cepat dan mudah bagi pelanggan Anda. Opsi pembayaran apa pun yang disediakan bisnis Anda, sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya aman. Dengan memiliki koneksi web dan metode pembayaran online yang terlindungi, pelanggan Anda tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi melalui situs web bisnis Anda. 

Selain itu, pelanggan juga mengharapkan proses checkout yang cepat dan metode pembayaran yang mudah. Sistem pembayaran online yang aman dan terjamin memungkinkan Anda menjalankan situs web bisnis yang andal dan membantu memberikan pengalaman belanja online yang luar biasa kepada pelanggan Anda. Salah satu cara untuk mewujudkan ini adalah dengan beralih menggunakan layanan OY! Bisnis dalam menyelenggarakan pembayaran.

Ingin Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online? Ikuti 5 Tips Efektif Berikut Ini!


Mulai Perjalanan Pembayaran Bisnis Anda di OY! Bisnis


OY! Bisnis dapat diakses secara langsung melalui dashboard berbasis web (via PC atau laptop) untuk memantau serta mengatur transaksi pembayaran yang berlangsung. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memfasilitasi penerimaan pembayaran dari berbagai metode pembayaran. Mulai buat akun di portal OY! Bisnis atau hubungi tim Business Development kami di business@oyindonesia.com untuk info lebih lanjut.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang