Cara Transfer Uang Tanpa Rekening

Mutia
|
May 3, 2021

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula inovasi baru yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Salah satunya adalah mengirim uang tanpa memiliki rekening. Walau zaman sekarang rasanya hampir nggak mungkin kalau nggak punya rekening, kenyataannya lebih dari 50% masyarakat Indonesia belum memiliki rekening.

Ada berbagai alasan seseorang nggak punya rekening, salah satunya adalah tempat tinggal yang nggak terjangkau oleh bank. Hal ini bisa menghambat transaksi transfer uang yang sudah menjadi salah satu kebutuhan sebagian masyarakat.

Jadi, bagaimana cara transfer uang tanpa rekening dengan aman? Berikut cara-caranya.

Setor Tunai

transfer tanpa rekening

Salah satu cara kirim uang yang paling sering diketahui oleh sebagian masyarakat adalah setor tunai di bank. Kamu bisa langsung datang ke bank terdekat di daerahmu dan membawa sejumlah uang yang ingin kamu kirimkan. Saat sudah di bank, kamu harus mengambil nomor antrean untuk menuju ke teller bank dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Jika nomor antrean kamu dipanggil, beritahu kepada teller bank keperluanmu dan berikan formulir yang telah kamu isi.

Setelah kamu selesai melakukan langkah-langkah tersebut, transaksimu akan diproses sampai transfer berhasil dilakukan. Walau kamu bisa transfer uang tanpa memiliki rekening, penerima uang harus tetap memiliki rekening. Kamu juga harus pastikan daerah tujuan dijangkau oleh cabang bank yang kamu pilih.

Transfer Uang Melalui Kantor Pos

transfer tanpa rekening

Saat kamu mendengar kata ‘kantor pos’, biasanya yang terlintas adalah media untuk mengirim surat atau barang. Namun, kantor pos juga bisa mengirim uang yang disebut dengan wesel. Proses yang harus kamu lakukan hampir sama dengan setor tunai lewat bank.

Kamu harus mendatangi kantor pos terdekat dan temui petugas untuk mengirim uang. Keunggulan mengirim uang melalui kantor pos adalah penerima uang nggak harus memiliki rekening seperti mengirim uang melalui setor tunai.

Petugas kantor pos akan mengantar wesel ke penerima yang bisa dicarikan melalui kantor pos terdekat juga. Namun, kamu tetap harus pastikan cabang kantor pos ada di daerah penerima wesel karena nggak setiap daerah terjangkau oleh kantor pos. Dikarenakan layanan ini milik negara, wesel bisa menjadi pilihan pengiriman uang yang aman.

Transfer Tanpa Rekening Melalui Minimarket

transfer tanpa rekening

Dalam menambah layanan, beberapa minimarket di Indonesia dapat digunakan sebagai media transfer uang tanpa rekening. Pengiriman uang melalui minimarket memudahkan masyarakat tanpa harus ke bank. Kamu hanya perlu datang ke minimarket terdekat dan cukup membawa identitas diri resmi dan pastinya uang yang kamu ingin kirimkan.

Sama seperti cara lainnya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir sesuai identitas pengirim dan penerima. Saat transaksi berhasil, penerima akan dikirimkan pesan singkat ke nomor pribadi yang dicantumkan di formulir yang sudah diisi. Pengambilan uang juga bisa diambil saat itu juga oleh penerima dengan cara membawa identitas diri asli dan kode pengiriman uang.

Itu dia beberapa cara transfer uang tanpa rekening yang bisa kamu coba. Tapi, kalau kelak kamu sudah berhasil membuat rekening di bank, nggak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi OY!. Kamu bisa coba transfer uang antar bank tanpa biaya admin dengan aplikasi OY! yang bisa diunduh di sini. Transaksi keuanganmu akan jadi lebih praktis, cepat, dan aman dengan aplikasi OY! Yuk download OY! sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023