Cara Pakai QRIS agar Bisnis Online Makin Laris

Arin
|
August 8, 2022

Cara Pakai QRIS agar Bisnis Online Makin Laris - Perkembangan teknologi di Indonesia turut mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang tadinya melakukan kegiatan transaksi jual-beli dengan menggunakan uang tunai menjadi cashless dengan cara memakai sistem pembayaran digital, salah satunya QRIS.

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yang merupakan upaya standarisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial atau fintech.

Sederhananya, QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan Kode QR yang dikembangkan di bawah pengawasan Bank Indonesia sehingga keamanannya telah terjamin.

Saat ini, QRIS sudah digunakan sebagai opsi pembayaran oleh mayoritas pemilik bisnis di Indonesia. Hal ini dikarenakan, penggunaan QRIS dianggap membuat transaksi berjalan dengan lebih cepat serta memudahkan pengelolaan keuangan dalam bisnis mereka.

Lantas, bagaimana cara pakai QRIS agar bisnis online milik kamu jadi makin laris? Lalu bagaimana cara bikin QRIS untuk bisnis online? Apakah langkahnya sama saja dengan membuat QRIS untuk penggunaan pribadi? Yuk, simak artikel di bawah dan ketahui jawabannya!

Cara Bikin QRIS untuk Bisnis Online

Cara Pakai QRIS agar Bisnis Online Makin Laris

QRIS bisa dibilang sebagai salah satu metode pembayaran digital yang paling banyak disukai karena kepraktisannya. Cara bikin QRIS untuk keperluan bisnis online sebenarnya cukup mudah, hanya terkadang memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan membuat QRIS untuk keperluan pribadi.

Nah, berikut adalah cara bikin QRIS untuk bisnis online yang bisa kamu jadikan panduan:

  1. Akses halaman resmi QRIS: www.qris.id/register. 
  2. Baca panduan serta informasi yang tertera, lalu isi form yang tersedia.
  3. Lakukan pembayaran registrasi dengan menggunakan e-wallet.
  4. Tunggu notifikasi untuk mendapat username dan password, notifikasi biasanya didapat dari email atau WhatsApp.
  5. Login ulang untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan (KTP dan KK) di dashboard QRIS.
  6. Tujuh hari kemudian, pemilik bisnis biasanya akan menerima notifikasi melalui email atau WhatsApp mengenai data yang diunggah. Jika ada data yang salah, maka pemilik bisnis harus mengunggah data yang benar.
  7. Jika data yang diunggah sudah benar, maka pemilik bisnis akan mendapatkan kode QRIS yang bisa mereka cetak dan gunakan di bisnis online mereka.

Manfaat Pakai QRIS di Bisnis Online

Seperti yang telah dijelaskan di atas, QRIS merupakan inovasi sistem pembayaran digital yang memiliki tujuan untuk mempermudah transaksi keuangan. Kehadiran QRIS ini tentunya membawa sederet keuntungan bagi masyarakat dari kalangan pebisnis maupun non pebisnis, dari pihak penjual maupun pembeli.

Cara Pakai QRIS agar Bisnis Online Makin Laris

Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh penjual maupun pembeli jika mereka melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS.

Ada berbagai alternatif pembayaran

Saat ini sudah ada lebih dari 38 layanan dompet digital berlisensi resmi di Indonesia yang mendukung pembayaran melalui QRIS. Nah, satu QRIS memungkinkan pembeli bisnis online untuk bebas memilih dari sekian banyaknya aplikasi pembayaran digital yang ada di internet.

Dengan menggunakan QRIS, pembeli tidak perlu lagi repot-repot melakukan transfer secara manual saat melakukan transaksi pembayaran karena semua bisa dilakukan melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet. Mereka pun bisa berbelanja dengan lebih santai dan nyaman dari rumah.

Transaksi lebih mudah

Penggunaan QRIS untuk bisnis online tentunya akan sangat membantu pemilik bisnis dalam menerima pembayaran dalam waktu singkat karena prosesnya dilakukan secara digital. Selain itu, transaksi melalui QRIS juga bisa dipantau secara real time sehingga memudahkan pengaturan keuangan.

Pembeli juga bisa melakukan transaksi dengan mudah karena mereka hanya perlu memindai QRIS yang disediakan pemilik bisnis online lalu lakukan konfirmasi pembayaran. Proses transaksi akan berjalan dengan lebih cepat dan praktis jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan kartu atau uang tunai.

Transaksi tercatat otomatis

Salah satu keuntungan lain dari menggunakan sistem pembayaran digital seperti QRIS adalah pencatatan transaksi secara otomatis. Pemilik bisnis pun bisa memantau serta melakukan pengelolaan keuangan untuk bisnis online yang dijalankan dengan lebih efektif.

Sementara itu, pencatatan otomatis ini juga akan memudahkan pembeli untuk bisa mengetahui jumlah pengeluaran yang mereka lakukan sehingga mereka pun bisa mengatur keuangan pribadi dengan mudah.

Transaksi Bisnis Makin Laris Manis dengan Menggunakan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis maupun masyarakat untuk mempermudah proses transaksi keuangan mereka.

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023