Cara Membangun Bisnis Startup

Arin
|
August 9, 2022

Cara Membangun Bisnis Startup - Apa yang kamu pikirkan pada saat mendengar mengenai bisnis startup? Kebanyakan orang pasti langsung memikirkan tentang perusahaan atau bisnis yang bergerak dengan basis teknologi digital.

Memang, kebanyakan bisnis startup beroperasi secara digital dengan bantuan internet sehingga bisa dikatakan sebagai bisnis yang masuk ke golongan bisnis teknologi. Namun, penjelasan tersebut saja rasanya masih kurang tepat. 

Bisnis startup berbeda dengan bisnis lainnya karena biasanya dijalankan saat masih pada tahap perkembangan, sehingga mereka bisa menemukan pasar serta mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sederhananya, bisnis startup merupakan sebuah bisnis yang masih pada berada pada tahap rintisan dan umumnya mengutamakan ide-ide baru serta inovatif untuk memberikan solusi permasalahan bagi konsumen di pasar. Selain itu, bisnis startup pada umumnya juga menggunakan bantuan teknologi digital pada pelaksanaannya.

Nah, tren perusahaan rintisan atau startup sendiri sudah menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Banyak anak muda yang memberanikan diri untuk menjalankan bisnis startup dan memulai perjalanan mereka sebagai pebisnis muda.

Lantas, bagaimana sih cara membangun bisnis startup? Apa saja langkah yang harus dilakukan agar bisnis startup kamu bisa berjalan lancar dan terus berkembang? Yuk, simak artikel yang satu ini dan ketahui jawabannya!

Cara Membangun Bisnis Startup

Indonesia dianggap sebagai pasar yang strategis bagi bisnis startup. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah penduduk dan banyaknya jumlah masyarakat yang memiliki akses internet sehingga mendatangkan potensi pasar yang luas dan besar.

Oleh karena itu, bisnis startup merupakan jenis bisnis yang cukup menjanjikan bagi anak muda. Meskipun begitu, tentunya kamu tetap harus menyiapkan dan merencanakan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memulai bisnis startup milikmu. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu memiliki rencana untuk membangun bisnis startup milikmu sendiri.

Kembangkan ide bisnis

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengembangkan ide bisnis yang unik dan menarik. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa melakukan riset pasar yang singkat agar bisa mengetahui permasalahan dan kebutuhan target konsumen.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bisnis startup umumnya mengutamakan produk serta layanan yang memiliki fungsi sebagai jawaban dari permasalahan konsumen. Oleh karena itu, kembangkanlah ide-ide yang kamu miliki sehingga bisa menjadi ide inovatif yang juga berguna bagi konsumen.

Susun rencana bisnis

Cara Membangun Bisnis Startup

Bisnis startup juga membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa berjalan dan terus berkembang. Oleh karena itu, kamu harus menyusun rencana bisnis secara detail sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis startup.

Kamu bisa melakukan langkah ini dengan cara merencanakan detail produk, melakukan analisis pasar, menyusun timeline dan tujuan bisnis, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini nantinya akan membantu kamu dalam mencapai target bisnis kedepannya.

Siapkan dana

Setiap bisnis pasti membutuhkan bantuan dana atau modal, begitu pula dengan bisnis startup. Modal yang mencukupi tentunya akan mempengaruhi keberlangsungan serta perkembangan bisnis kamu dalam jangka panjang.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mencari suntikan dana dari pihak luar selain menggunakan dana pribadi. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari investor atau mengajukan pinjaman ke bank, sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan kemampuan finansial bisnis startup milikmu.

Bangun hubungan dengan pelanggan

Cara Membangun Bisnis Startup

Bisnis startup bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat customer oriented. Oleh karena itu, kamu harus membangun hubungan yang baik karena pelanggan memiliki peran yang sangat besar akan keberhasilan bisnis startup milikmu.

Kamu bisa melakukan langkah yang satu ini dengan cara melakukan follow up atau meminta feedback dari pelanggan mengenai produk beserta pelayanan bisnis startup milikmu. Jawaban dari mereka nanti dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas dalam bisnis atau bahkan untuk menciptakan produk atau layanan baru.

Kembangkan bisnis secara bertahap

Agar bisnis startup kamu tidak kalah saing dengan kompetitor, kamu tentunya harus terus mengembangkan bisnis tersebut. Nah, agar operasional bisnis kamu tetap berjalan lancar, kamu bisa melakukan langkah yang satu ini secara bertahap.

Misalnya, kamu bisa mulai dengan cara meningkatkan kualitas produk yang kamu tawarkan terlebih dahulu. Jika produk tersebut mendapatkan respon positif di masyarakat, maka kamu bisa mulai menambahkan produk lainnya di bisnis startup milik kamu. Dengan cara yang satu ini, kamu juga bisa menghindari kerugian jika produk baru tersebut gagal atau tidak laku di pasaran.

Transaksi Bisnis Lancar dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023