Cara Bisnis Online Makanan

Shafira
|
February 2, 2022

Cara Bisnis Online Makanan - Wabah COVID-19 telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Karena virus telah menyebar secara cepat, banyak bisnis terpaksa berhenti beroperasi sementara dan banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Namun, di saat yang sama, bisnis kuliner online menjadi peluang menarik bagi sebagian orang untuk memulai usaha baru.

Semakin banyak orang tertarik pada bisnis makanan. Selain itu, bisnis online makanan biasanya menawarkan makanan rumahan, yang merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan makanan cepat saji dari restoran yang sering dijumpai. Untuk memulai bisnis online makanan dari rumah, kamu harus rela mengorbankan kenyamanan jangka pendek demi keuntungan jangka panjang.

Artikel ini akan membantumu untuk memulai bisnis online makanan dari rumah dan juga memberimu strategi langkah demi langkah untuk menciptakan seluruh bisnis online makanan.



Bisnis Online Makanan OY BISNIS OY INDONESIA

Pilih Model Bisnis yang Tepat untuk Bisnis Online Makananmu


Katakanlah kamu ingin memulai bisnis online makanan. Pertanyaan pertama yang harus ditanyakan pada diri sendiri adalah: Model bisnis seperti apa yang paling cocok untuk saya? Model bisnis yang kamu pilih akan sangat menentukan jenis bisnis makanan yang kamu tawarkan. Kamu harus mengetahui model bisnis yang berbeda sebelum memulai bisnis makanan dari rumah. Beberapa model bisnis meliputi:


Model Bisnis Layanan Lengkap

Dalam model bisnis jenis ini, kamu menyiapkan semuanya mulai dari memasak menu dan mengantarkan makanan dari rumah ke pelangganmu. Jadi, untuk model bisnis layanan full-service, kamu akan bertanggung jawab untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan mengantarkan semuanya kepada pelanggan.

Model Bisnis Layanan Partial

Seperti namanya, dengan model ini kamu tidak mengirimkan produk makanan secara langsung kepada pelanggan. Kamu cukup menyiapkan makanan di dapur rumah sendiri dan mengalihdayakan pengiriman dengan layanan ekspedisi atau kurir untuk mengantarkan makanan dari rumahmu ke pelanggan.

Model Bisnis Layanan via Pesanan

Dalam model bisnis ini, pelanggan menelepon atau mengirim chat untuk memintamu membuatkan pesanan makanan mereka. Pelanggan hanya perlu membayar layanan sesuai harga layanan. Jadi, kamu mendapatkan pesanan melalui berbagai sarana komunikasi dan mulai mempersiapkan pengiriman pada waktu yang disepakati. Ibaratnya seperti layanan pre-order dimana pelanggan membayar terlebih dahulu sebelum mendapatkan produk yang diminta.



Bisnis Online Makanan OY BISNIS OY INDONESIA

Cari Tahu Apa yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Online Makanan dari Rumah


Memulai bisnis online makanan tidak memerlukan banyak uang, tetapi kamu perlu membeli peralatan penunjang berikut:

Peralatan Dapur

Kamu akan membutuhkan peralatan pengolah makanan yang baik seperti kulkas, timbangan, alat masak, dan sebagainya. Dan karena kamu akan menyiapkan makanan untuk pelanggan, sebaiknya cari ruang dapur yang cukup besar untuk menyiapkan semua makanan yang diperlukan setiap hari. Namun apabila kamu keterbatasan dalam keuangan, kamu juga bisa mencari strategi memasak dan menyimpan makanan untuk waktu yang lama serta menggunakan dapur rumah sendiri sebagai tempat produksi.

Bahan Baku Makanan

Cari supplier bahan baku untuk memasak untuk stok produksimu. Kamu bisa memulai dengan mencari agen sembako atau melalui pedagang di pasar. Pastikan bahan baku selalu dalam kondisi baik dan higienis. Jangan lupa untuk menyesuaikan modal yang kamu punya sebelum membeli.

Kemasan Makanan

Kemasan sangat penting untuk menjaga kualitas makanan saat pengiriman. Temukan model kemasan makanan yang memadai, aman, dan kokoh. Saat ini, kamu dapat menemukan banyak agen supplier kemasan makanan dengan mudah dan murah melalui e-commerce dan media sosial. Kamu juga dapat membuat desain tersendiri untuk membuat kemasan terlihat beda dari lainnya.

Kanal Komunikasi

Buat akun media sosial, e-commerce, atau website agar pelanggan bisa mencari dan menghubungimu. Kamu juga dapat memanfaatkan layanan perpesanan seperti WhatsApp untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan. Kanal komunikasi ini sangat penting untuk mempromosikan bisnis online makananmu agar dikenal banyak orang. 

Membuat Meal Plan

Sangat disarankan untuk membuat meal plan atau perencanaan masakan karena akan sangat membantumu dalam mengelola bisnis online makanan. Kamu dapat melacak biaya produksi, memastikan anggaran keuangan cukup, dan membantu menyiapkan makanan secara efisien. Meal plan adalah fondasi penting untuk membangun bisnis makanan yang sukses.

Buat Resep yang Efisien

Sekarang, kamu dapat mulai mengerjakan formula resep untuk setiap jenis makanan di dalam meal plan yang telah dibuat. Buat resep langkah demi langkah yang menguraikan proses persiapan makanan secara lengkap. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kebingungan saat kamu melakukan persiapan makanan. 

Resep tersebut berisi bahan-bahan yang diperlukan untuk menyiapkan makanan, jumlah bahan, dan langkah-langkah proses persiapan. Secara garis besar, resep ini merupakan prosedur operasi standar untuk kegiatan produksi. Hal terpenting tentang membuat resep adalah kamu harus memiliki dasar yang kuat dari makanan yang akan dipadukan. 

Pilih Nama Bisnis

Saat memberi nama bisnis, penting untuk diingat bahwa kamu memberi calon pelanggan kesempatan untuk mengenal bisnismu. Nama adalah salah satu hal pertama yang akan pelanggan lihat. 

Pastikan untuk memilih nama yang unik dan mudah dikenali orang. Pikirkan tentang jenis makanan apa yang ingin kamu tawarkan dan basis pelanggan seperti apa yang ingin kamu tarik. Nama bisnis sangat penting jika kamu ingin bisnismu menjadi merek besar dan memiliki lebih banyak pelanggan.

Buat Strategi Penetapan Harga

Ada beberapa strategi penetapan harga bisnis yang dapat kamu terapkan untuk memastikan bisnis online makanan milikmu tumbuh dan tetap menguntungkan. Meskipun pemasaran produk tergolong penting, penetapan harga produk yang baik dapat membantu memastikan bahwa bisnis makanan kamu tetap menguntungkan.

Harga produk yang dijual seharusnya tidak hanya menutupi harga pokok barang. Harga tersebut juga harus mencakup biaya operasional lainnya seperti pengiriman, pengemasan, atau biaya lain yang dibutuhkan. Selama harga produk yang dijual masuk akal untuk pasar, kamu tidak perlu menurunkan harga.

Siapkan Sistem Pengiriman dan Pilih Waktu Terbaik untuk Pengiriman Makanan

Sistem pengiriman adalah hal paling penting dalam bisnis online makanan. Jika kamu akan memulai layanan pengiriman makanan, kamu perlu menyiapkan sistem pengiriman dan menemukan waktu yang tepat untuk waktu pengiriman. Kapan sebaiknya makanan dikirimkan? Bagaimana makanan akan dikirimkan ke pelanggan?

Saat ini sudah banyak sekali sistem delivery dan jasa ekspedisi yang dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman makananmu. Lakukan riset mengenai kelebihan dan kekurangan setiap sistem dan pastikan setiap pesanan dikemas dengan baik sebelum dikirimkan.

Promosikan Bisnis Online Makanan Milikmu

Saat kamu meluncurkan bisnis online makanan dari rumah, penting untuk membuat strategi pemasaran. Alasan utama mengapa sebagian besar usaha bisnis makanan gagal adalah karena mereka gagal membangun basis pelanggan yang solid. Jadi, jika kamu serius dengan bidang ini, kamu harus siap meluangkan waktu untuk mengembangkan strategi pemasaran. Kamu harus memiliki strategi pemasaran untuk menentukan bagaimana mencapai target pasar secara efektif, terutama jika kamu masih memulai merintis bisnis.

Sediakan Metode Pembayaran yang Aman dan Praktis untuk Pelanggan


Bisnis Online Makanan OY BISNIS OY INDONESIA


OY! Bisnis dari OY! Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan segala proses pembayaran, OY! Bisnis memiliki layanan OY! Payment Link yang dapat membantu mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. 

Cukup dengan mengirimkan tautan pembayaran khusus kepada pelanggan, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menerima pembayaran secara langsung. Segera daftarkan bisnismu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang