7 Manfaat Terima Pembayaran Online dalam Suatu Bisnis

Atia Tobing
|
August 19, 2021

Kemajuan teknologi telah menimbulkan banyak perubahan pada kehidupan masyarakat. Kini, hampir semua kegiatan dilakukan secara daring sehingga pelaksanaannya menjadi lebih praktis. Salah satu kegiatan tersebut adalah transaksi.

Awalnya, ketika penjual dan pembeli hendak melakukan transaksi jual-beli, mereka harus bertemu secara langsung. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, pembeli dapat melakukan pembayaran online dengan mudah.

Berbicara tentang pembayaran online, metode pembayaran ini memiliki berbagai manfaat yang cukup krusial dalam suatu bisnis. Selain menguntungkan pihak konsumen, pebisnis pun dapat mendapatkan manfaat apabila menerima pembayaran secara online.

Ketahui lebih lanjut manfaat dari penerimaan pembayaran online dalam suatu bisnis pada artikel berikut ini.

Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis Akibat Digitalisasi

Seperti yang telah disampaikan di atas, tidak bisa dimungkiri bahwa segala macam kegiatan telah bertransisi dari metode konvensional menjadi metode digital atau online. Perubahan ini sering disebut dengan istilah digitalisasi.

Bisnis merupakan salah satu kegiatan yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang kian pesat di era digital. Terlebih lagi, kondisi saat ini yang sedang dilanda pandemi COVID-19 membiasakan masyarakat untuk melakukan bisnis secara online, baik penjualan, pembelian, maupun transaksi bisnis lainnya.

Proses digitalisasi telah terbukti meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang cukup signifikan. Preferensi masyarakat terhadap metode pembayaran online telah berhasil memajukan dunia e-Commerce secara progresif. Hal ini disebabkan oleh mekanisme dan proses pembayaran online yang dinilai jauh lebih efisien, nyaman, dan praktis dibandingkan pembayaran offline.

Proses pembayaran online tentu tidak hanya menguntungkan pihak pelanggan saja tetapi juga pihak pebisnis/penjual. Jika Anda merupakan seorang pebisnis, segala macam manfaat dapat diperoleh apabila Anda memilih untuk menerima pembayaran secara online dalam bisnis Anda.

Manfaat Penerimaan Pembayaran Online Bagi Bisnis Anda

Dengan menerapkan sistem pembayaran online, Anda dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi kepada pelanggan Anda serta mendapatkan berbagai manfaat saat menerima pembayaran online dari pelanggan Anda. Berikut 7 manfaat penerimaan pembayaran online bagi bisnis Anda.

1. Penerimaan Pembayaran yang Praktis dan Instan

Manfaat Penerimaan Pembayaran Online Bagi Bisnis Anda

Salah satu manfaat utama dari sistem pembayaran online adalah penerimaan pembayaran yang dapat dilakukan secara praktis dan instan. Anda tidak perlu menyediakan meja kasir, menyiapkan invoice fisik, dan melakukan pembukuan manual. Setiap transaksi bisnis Anda pun akan tercatat secara otomatis apabila Anda menggunakan fitur pembayaran online yang terintegrasi.

2. Pengaturan yang Cepat dan Mudah 

Jika Anda menerima pembayaran secara online, Anda dapat mengatur sistem pembayaran online sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Fitur pembayaran online yang Anda gunakan terdapat settings yang bisa Anda atur setiap saat dengan cepat dan mudah.

3. Jangkauan Bisnis yang Luas dan Tanpa Batas

Manfaat Penerimaan Pembayaran Online Bagi Bisnis Anda

Dalam bisnis konvensional, kegiatan jual-beli umumnya dibatasi oleh ruang dan waktu, yaitu di suatu toko dan pada jam buka dari toko tersebut. Namun, bisnis yang menerapkan pembayaran online akan memungkinkan para pelanggan untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja. 

Alhasil, transaksi online mampu menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan transaksi offline, bahkan sampai menjangkau pelanggan asing (transaksi internasional). Dengan demikian, Anda dapat menerima banyak pembayaran online sekaligus mengembangkan bisnis Anda.

4. Menambah Kenyamanan Saat Penagihan Pembayaran

Manfaat Penerimaan Pembayaran Online Bagi Bisnis Anda

Proses penagihan pembayaran kepada pelanggan terkadang merupakan hal yang rumit untuk dilakukan, khususnya bagi pebisnis yang menawarkan layanan berlangganan. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembayaran online. Mengapa demikian?

Melalui pembayaran online, Anda dapat memberikan notifikasi kepada pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Lalu, pembayaran dapat Anda terima secara otomatis tanpa harus menagih berulang kali kepada pelanggan Anda.

5. Mempengaruhi Keinginan Membeli Pelanggan

Metode pembayaran online ternyata dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk berbelanja. Salah satu faktor utamanya adalah kemudahan dalam melakukan transaksi secara online dengan opsi metode pembayaran yang bervariasi. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan customer experience pelanggan Anda.

6. Memberikan Informasi ke Pelanggan Secara Efisien

Sebelumnya, para pebisnis membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memberikan informasi terkait produk atau jasa mereka kepada pelanggan. Kini, Anda bisa langsung membagikan dan memperbarui informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda dalam waktu yang singkat secara online, termasuk informasi tentang metode pembayaran online yang berlaku di dalam bisnis Anda.

7. Membangun dan Mengembangkan Bisnis

Manfaat Penerimaan Pembayaran Online Bagi Bisnis Anda

Manfaat terakhir yang tak kalah penting dari penerimaan pembayaran online adalah membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Selain dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan, transaksi secara daring juga mampu membangun kredibilitas dan profesionalitas bisnis Anda. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan yang Anda berikan juga akan semakin meningkat.

Demikian manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda menerima pembayaran online dalam bisnis Anda. Setelah mengetahui manfaatnya, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih fitur pembayaran online yang tepat dan bisa diandalkan untuk bisnis Anda. Fitur tersebut adalah OY! Bisnis.

Terima Pembayaran Online dengan Mudah dan Cepat dengan Bergabung di OY! Bisnis

OY! Bisnis

Fitur OY! Bisnis merupakan fitur yang diluncurkan oleh perusahaan fintech OY! Indonesia. Serangkaian layanan transaksi online yang tersedia di fitur ini mampu mengoptimalkan sistem pembayaran bisnis Anda secara daring.

Jika Anda ingin mulai menerima pembayaran secara online dalam bisnis Anda, OY! Bisnis mampu mendigitalisasikan sistem pembayaran Anda dengan cepat dan terintegrasi. Sebagai jasa pembayaran online terbaik di Indonesia, OY! Bisnis akan membantu Anda dalam menerima pembayaran dari pelanggan secara aman, nyaman, efisien, dan mudah.

Daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis sekarang untuk mendapatkan solusi pengiriman dan penerimaan pembayaran yang optimal bagi bisnis Anda.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang